Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri

Authors

  • Aam Amaliyah Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muahmmadiyah Tangerang
  • Nur Uyun Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muahmmadiyah Tangerang
  • Resti Deka Fitri Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muahmmadiyah Tangerang
  • Septyana Rahmawati Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muahmmadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377

Keywords:

Geometri, Ilmu Ukur Bidang, Kesulitan Belajar

Abstract

Salah satu ciri dari matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu pernyataan atau konsep yang diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran yang sudah ada sebelumnya, hal ini berbanding terbalik dengan usia perkembangan kognitif siswa SD yang masih terikat dengan objek yang bersifat konkret. Penelitian ini menggunakan studi eksploratif dalam bentuk tes uraian tertulis pada materi geometri yang diberikan kepada siswa kelas 4 SDN Taman Cibodas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi mengenai  kesulitan siswa sekolah dasar kelas 4 di SDN Taman Cibodas materi geometri bangun ruang ditinjau dari persepsi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjeknya yaitu guru kelas 4 di SDN Taman Cibodas. Hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa sekolah dasar kelas 4 di SDN Taman Cibodas. Materi geometri bangun ruang ditinjau dari persepsi guru yaitu siswa kesulitan pada tahap perhitungan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru. Upaya-upaya yang dapat guru lakukan dalam mengatasi kesulitan siswa diantaranya memberikan motivasi belajar, memberi variasi metode mengajar, mempergunakan alat peraga, memberikan latihan yang cukup dan berulang serta memberikan program perbaikan atau remedial, dan menganalisis penyebabnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dihadapi siswa dalam menjawab soal geometri, kesulitan tersebut diantaranya adalah (1) siswa  kesulitan dalam penggunaan konsep, (2) siswa kesulitan dalam penggunaan prinsip, dan (3) siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah verbal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pengembangan permasalahan geometri, khususnya pada materi keliling dan luas bangun datar di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v2i7.377