Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Bermain Terhadap Keterampilan Membaca dan Berhitung Siswa Usia 5-6 Tahun di Sekolah XYZ, Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i9.32422Keywords:
Pembelajaran Berbasis Permainan, Keterampilan Membaca dan Berhitung, Literasi dan Numerasi Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran berbasis permainan (play-based learning) dalam mengembangkan keterampilan membaca dan berhitung pada siswa usia 5–6 tahun di Sekolah XYZ, Jakarta Selatan. Metode ini mengintegrasikan kegiatan edukatif dengan bermain, mendorong pertumbuhan kognitif, sosial, dan emosional anak. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi pengaruh pembelajaran berbasis permainan terhadap keterampilan literasi dan numerasi awal, serta tantangan yang dihadapi guru dalam penerapannya. Penelitian menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain satu kelompok pretest–posttest melalui observasi kelas, wawancara guru, dan penilaian siswa. Sebanyak 14 siswa K2 mengikuti pretest untuk mengukur keterampilan awal mereka, dilanjutkan dengan dua sesi pembelajaran—satu untuk literasi dan satu untuk numerasi—kemudian posttest dilakukan untuk menilai perkembangan.Hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis permainan secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca dan berhitung siswa. Selain peningkatan nilai akademik, siswa juga menunjukkan keterlibatan, rasa percaya diri, dan partisipasi yang lebih tinggi. Hal ini menegaskan bahwa pendekatan ini sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini dan dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan literasi dan numerasi dasar.
References
Amelia, D., Haryanto, A., & Putri, R. (2022). Fun and engaging writing activities for elementary school children: A case study. Journal of Educational Psychology, 114(3), 487–499. https://doi.org/10.1037/edu0000541
Chairunnisa, C., & Masyhuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 72–82. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i1.378
Costa, P., & Soares, A. (2019). Early writing skills: Helping children develop focus and self-regulation through writing. Early Childhood Education Journal, 47(2), 215–228. https://doi.org/10.1007/s10643-018-0925-3
Dearybury, J., & Jones, J. P. (2020). The playful classroom: The power of play for all ages. Jossey-Bass.
Edwards, S. (2017). Play-based learning and intentional teaching: Forever different? Australasian Journal of Early Childhood, 42(2), 4–11.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi deskriptif profesionalisme guru PAUD berdasarkan prinsip-prinsip profesional guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671.
Hasanah, U., & Harini, E. (2020). The role of writing in children's cognitive development: A systematic review. International Journal of Educational Research, 56(4), 455–468. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.01.015
Hernawan, I., Saefudin, A., & Wulandari, S. (2020). The impact of pre-writing activities on early literacy in primary school. Journal of Early Childhood Literacy, 18(4), 367–380. https://doi.org/10.1177/1468798420906769
Hestyaningsih, L., & Pratisti, W. D. (2021). Efektivitas permainan tradisional dakon untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 13(2), 161–174. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol13.iss2.art7
Hidayatussoalihah, H., Karta, I. W., & Rachmayani, I. (2022). Deskripsi kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2309–2316.
Husain, M., & Hasani, Z. (2019). Enhancing children's writing skills: Exploring teachers' strategies. Journal of Education and Practice, 10(3), 52–65. https://doi.org/10.7176/JEP/10-3-07
Lobley, P. (2016). Why can’t we just play?: What I did when I realized my kids were way too busy. Familius.
Nasution, A., & Sari, F. (2021). Developing effective writing methods for young learners in elementary education. Journal of Language and Linguistics, 34(2), 75–89. https://doi.org/10.1017/jol.2021.12
Santoso, D., Wulansari, R., & Setiawan, R. (2020). The role of fun activities in enhancing young children's writing development. Journal of Language Teaching and Research, 11(6), 902–912. https://doi.org/10.17507/jltr.1106.15
Sukmawati, S., Romdhoningsih, D., & Mahpudoh, M. (2023). Peningkatan budaya belajar anak usia dini melalui diseminasi buku calistung (membaca, menulis, dan berhitung). Jurnal Anugerah, 5(1), 109–118.
Wachidah, K., & Mahardika. (2018). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah. UMSIDA Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Casey Rebecca Tulung, M.B Rini Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




