Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Website Pada Bengkel Ahass Honda Engine Service di Aceh Timur

Authors

  • Muhammad Fajrul Fatahillah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Indonesia
  • Baihaqi Baihaqi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i9.32389

Keywords:

Sistem Informasi Bengkel, Website, Metode Waterfall, AHASS, Manajemen Layanan

Abstract

Di era digital saat ini, proses pengelolaan bengkel secara manual sering kali menimbulkan ketidaktepatan data, keterlambatan layanan, dan inefisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Bengkel berbasis web (SIMaBeS) pada Bengkel AHASS Honda Engine Service di Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sistem informasi (software development) yang bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi manajemen bengkel berbasis website. Sistem ini dikembangkan menggunakan model Waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem dengan diagram UML, implementasi menggunakan PHP dan MySQL, serta pengujian dengan metode Black Box. Sistem yang dihasilkan mencakup fitur pengelolaan data pelanggan, reservasi servis online, pengelolaan stok sparepart, pencatatan transaksi, dan pelaporan keuangan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem ini mampu meningkatkan akurasi data hingga 95%, mempercepat alur kerja sebesar 40%, serta memberikan layanan yang lebih efektif dan terstruktur bagi admin maupun pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah terciptanya blueprint pengembangan sistem serupa untuk bengkel AHASS lainnya di Indonesia, serta kontribusi terhadap digitalisasi UMKM sektor otomotif. Sistem ini juga berpotensi mengurangi biaya operasional hingga 30% dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui transparansi layanan dan kemudahan akses informasi real-time.

References

Felix, F., & Pipin, S. J. (2023). Perancangan basis data relasional untuk bengkel sepeda motor Serba Djadi. Dst, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2265

Hasanah, F. N. (2020). Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-89-6

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif.

Novianto, W., & Santoso, Y. (2018). Analisa dan perancangan sistem informasi bengkel pada Bengkel Lancar Motor. Idealis, 1, 57–63.

Nugroho, R. F., Riza, T. A., & Hariyani, Y. S. (2016). Perancangan dan implementasi sistem reservasi servis mobil berbasis website: Studi kasus di Bengkel Mobil Pandawa 5 Motor. Applied Science, 2(3), 1390. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3826

Nurmiati, S., & Al Hafidz, G. (2021). Perancangan sistem pendaftaran bengkel untuk pelayanan home service berbasis website. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 59–81. https://doi.org/10.55122/junsibi.v2i2.307

Nurlaila, D., & Mulyono, H. (2021). Analisis dan perancang sistem informasi manajemen bengkel berbasis web pada Bengkel Ikhsan Jaya Motor. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 8(2), 207–217. http://repository.unama.ac.id/1716/

Nuzzolese, A. G. (2021). UML user and activity diagrams.

Pressman. (2012). Metode waterfall. [Online]. Available: http://www.pengetahuandanteknologi.com/2016/09/metode-waterfall-definisi-tahapan.html

Prasetyo, A., et al. (2023). Metode waterfall dalam pengembangan sistem informasi berbasis web. Jurnal Teknik Informatika, 14(n), 50–61.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rohini. (2020). UML activity diagrams. ROHINI College of Engineering and Technology.

Sutabri, T. (2015). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Andi.

Wibawa, M. A. A., & Ariasih, N. K. (2022). Rancang bangun sistem informasi reservasi jasa body repair berbasis website pada CV Transolusindo. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 8(4), 359–365. https://doi.org/10.36002/jutik.v8i4.2090

Wuladari, C., & Teknik, F. (2025). Implementasi sistem informasi manajemen bengkel berbasis web untuk peningkatan efisiensi operasional (Studi kasus: Bengkel AA Motor). Insologi, 4(3), 551–562. https://doi.org/10.55123/insologi.v4i3.5587

Yunita, F., Rianto, B., & Andilau, A. (2022). Sistem informasi bengkel berbasis web: Studi kasus Kakella Motor di Tembilahan. Selodang Mayang Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 154–165. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.260

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Fatahillah, M. F., & Baihaqi, B. (2025). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Website Pada Bengkel Ahass Honda Engine Service di Aceh Timur. Jurnal Sosial Teknologi, 5(9), 3717–3733. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i9.32389