Nextcloud: Keamanan Data Terbaik Dengan Manajemen File dan Pengguna yang Cerdas

Authors

  • Dwiki Darmawan STMIK Amik Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i1.1130

Keywords:

NextcLoud, Fitur Nextcloud, Manajemen Nextcloud, Cloud open source, Cloud computing

Abstract

Keamanan data dalam lingkungan cloud computing merupakan aspek penting yang perlu mendapat perhatian lebih. Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan keamanan yang berfokus pada fitur-fitur yang disediakan oleh platform open source Nextcloud. Metodologi penelitian  mencakup analisis dokumen resmi Nextcloud dan pengujian implementasi di lingkungan Cloud & Grid Computing. Dalam konteks manajemen aplikasi, manajemen pengguna, dan kebijakan keamanan, Nextcloud memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan solusi dengan kebutuhan organisasi. Peningkatan keamanan terkait dengan konfigurasi kebijakan kata sandi yang kuat dan penerapan otentikasi dua faktor (2FA). Selain itu, berfokus pada pengelolaan file untuk berbagi dan pengelolaan data yang efisien juga merupakan keuntungan besar. Metodologi penelitian  mencakup analisis dokumen resmi Nextcloud, uji coba praktek implementasi, dan studi kasus penggunaan. mengevaluasi kemampuan platform untuk memenuhi kebutuhan manajemen aplikasi, pengguna, dan kebijakan keamanan. Temuan ini disertakan dalam panduan praktis yang menguraikan langkah-langkah penerapan Nextcloudi. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang potensi dan manfaat penggunaan Nextcloud untuk meningkatkan keamanan di lingkungan cloud. Hasil penelitian mencerminkan pentingnya mengintegrasikan fitur keamanan yang disediakan  Nextcloud dengan tujuan  meningkatkan efisiensi keamanan dan manajemen data dalam komputasi awan.

References

Nextcloud User Manual. (2023).

Nextcloud Server Administration Manual Release latest The Nextcloud developers. (2023).

Dhiyaanisafa Goenawan, A., Faqih, A., & Pulungan, M. P. (2023). 2 nd Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI) 21 Maret 2023-Jakarta (Vol. 2, Issue 1).

Dhika, H., Akhirina, T., Mustari, D., & Destiawati, F. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN DATA.

Faturrahman, D. G., & Afrianto, I. (n.d.). Tinjauan Literatur: Pemanfaatan Teknologi Komputasi Awan Sebagai Tempat Penyimpanan Data.

Negeri, P., Laut, T., Selatan, K., Anwar, K., & Negeri, H. P. (2023). Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi Volume 05 Nomor 02. 53–62. https://doi.org/10.54209/jatilima.v5i02.411

Yudoko, B. S., Wahanani, H. E., & Idhom, M. (2020). PENGUJIAN PERFORMA DAN FITUR-FITUR DARI OWNCLOUD DAN NEXTCLOUD. In Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI) (Vol. 1, Issue 1).

Dikrozian, R., Hendita Artha Kusuma, G., Teknik InformatikaUniversitas Pancasila Jakarta Jl Serengseng Sawah, F., & Selatan, J. (n.d.). Perbandingan Implementasi Cloud Storage Dengan Metode Owncloud Dan Nextcloud Secara Public Berbasis Software as a Service (SaaS) Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Depok.

Siregar, S. R., & Pristiwanto, P. (2021). Build Data Backup with Nextcloud Based Infrastucture as A Service (IAAS) Concept on Budi Darma University. The IJICS (International Journal of Informatics and Computer Science), 5(1), 95. https://doi.org/10.30865/ijics.v5i1.2975

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Darmawan, D. . (2024). Nextcloud: Keamanan Data Terbaik Dengan Manajemen File dan Pengguna yang Cerdas. Jurnal Sosial Teknologi, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i1.1130