Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) Untuk Pengajuan DTKS

Authors

  • Ismi Ratnasari STIA Bagasasi Kota Bandung
  • Ergi Ramadan STIA Bagasasi Kota Bandung
  • Intan Nurlatifah STIA Bagasasi Kota Bandung
  • Sunandie Eko Ginanjar STIA Bagasasi Kota Bandung
  • Rahmat Santa

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i2.1140

Keywords:

Aplikasi SIKS-NG, Kesejahteraan, DTKS

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami pertumbuhan sangat pesat seiring dengan era globalisasi. Kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kemudahan dalam pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan salah satu nya di Kelurahan Cisaranten Wetan. Penerapan E-Government dalam bidang kesejahteraan sosial yaitu terciptanya aplikasi SIKS-NG untuk mengusulkan DTKS. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan pegawai Kelurahan Cisaranten Wetan. Penelitian ini juga menganalisis penerapan E-Government untuk mengusulkan DTKS dan memberi tahu warga bahwa keresahan-keresahan yang dirasakan warga saat usulan DTKS dapat di diskusikan di Kelurahan Cisaranten Wetan. Tujuan utama penelitiam ini untuk membuktikan bahwa keberhasilan E-Government dapat membangun kesejahteraan warga Kelurahan Cisaranten Wetan yang terbantu melalui Program Bantuan Pemerintah yang diusulkan melalui aplikasi SIKS-NG. Oleh karena itu, E-Government harus terus berkembang, kesejahteraan merata di Indonesia khususnya di Kelurahan Cisaranten Wetan.

References

Andriani, Y., Suwitri, S., & Yuniningsih, T. (2023). Penerapan E-Goverment Melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) Sebagai Aplikasi Pengolah Data Kemiskinan Di Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi, 11(2), 129-147.

Kurniadi, D., Mulyani, A., Firmansyah, M., & Abania, N. (2022). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(6), 1307-1314.

Akbar, M. F., Sakbir, S., Malipi, S., & Sahi, N. A. (2023). Implementation of Social Welfare (DTKS) Integrated Data Program through the Next Generation Social Welfare Information System (SIKS NG). International Journal Papier Public Review, 4(2), 29-41.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Andriani, Yevi, Sri Suwitri, and Tri Yuniningsih. "Penerapan E-Goverment Melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) Sebagai Aplikasi Pengolah Data Kemiskinan Di Kabupaten Bengkulu Selatan." Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi 11.2 (2023): 129-147.

Santoso, Aprih, Emaya Kurniawati, and Ali Umar Dhani. "Kajian Pelaksanaan Verifikasi Dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Di Kota Semarang." Jurnal Riptek 17.1 (2023): 79-94.

Purwanti, Eka Henny. "Penerapan E-Government Pada Aplikasi SIKS-NG di Desa Sihiong Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba." PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies 4.1 (2023): 91-103.

Indonesia, Republik. Undang-undang Republik Indonesia nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia. Departemen Sosial RI, 2006.

Susanti, Pipi. "Implementasi Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 Dalam Penanganan Fakir Miskin Di Bidang Pendidikan Dan Pelayanan Kesehatan." Jurnal Esensi Hukum 2.2 (2020): 1-12.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Ratnasari, I., Ramadan, E., Nurlatifah, I., Ginanjar , S. E., & Santa, R. (2024). Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) Untuk Pengajuan DTKS . Jurnal Sosial Teknologi, 4(2), 109–115. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i2.1140