Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berbelanja Konsumen Pada Penggunaan Fitur Shopee Pay Later
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i2.1150Keywords:
Minat Berbelanja, Shopee Paylater, Kemudahan Penggunaan, Hubungan Antara Konsep Pendapatan Nasional, Motivasi Hedonis, Suku BungaAbstract
Perkembangan teknologi saatpini menjadi salah satuppenyebab terciptanya teknologi finansial (fintech) inovasi. Salah satu inovasi fintech yang berkembang di Indonesia adalah Shopee PayLater yang memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin memberi barang secara kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk membeli menggunakan fitur shopee paylater. Metode penelitianpyang digunakan dalamipenelitian ini adalah metodeikualitatif dengan modelppendekatan studipkasus. Hasil penelitin menunjukkan bahwa Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhiiminat masyarakatiuntuk membeli menggunakan shopee paylater yakni kemudahan penggunaan, pendapatan, motivasi hedonis, keamanan, dan suku bunga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, pendapatan, motivasi hedonis dan keamanan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat masyakat untuk membeli menggunakan shopee paylater. Sementara itu suku bungaitidak berpengaruhiterhadap minat masyarakat untuk membeli menggunakanishopee paylater. Dengan kata lain suku bunga yang dikenakan tinggi atau rendah tidak akan mempengaruhi seseorang untuk membeli menggunakan fitur shopee paylater
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risukmasari Risukmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.