Penguatan Pendidikan Karakter: Pemahaman, Implementasi dan Metode Guru PAI di SMAN 5 Laung Tuhup
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.116Keywords:
pendidikan karakter, implementasi, Guru PAIAbstract
Penguatan pendidikan karakter di sekolah: Pemahaman, implementasi dan peranan guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah umtuk mendeskripsikan pemahaman dan peranan guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam mengimplentasikan atau menerapkan penguatan pendidikan karakter, metode yang digunakan dalam penerapannya di lapangan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yang terarah dan kuisioner terbuka. Partisipasi teridiri dari siswa Sekolah Menengah Atas kelas XII, Kepala Sekolah dan guru PAI (Pendidikan Agama Islam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan telah memahami maksud dan tujuan pelaksanaan pendidikan karakter, namun sebagian partisipan belum me-ngerti bagaimana mengimplementasikannya. Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga metode, yaitu: pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. Peranan guru PAI (Pendidikan Agama Islam) masih belum bersinergi dengan guru pengampu mata pelajaran lainnya dalam mendukung dan mengimplentasikan penguatan pendidikan karakter di sekolah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Masmuji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.