Strategi Penyampaian Pembelajaran Shalat di SDN Se-Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.120Keywords:
Penyampaian, Pembelajaran, Salat, StrategiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang penulis lakukan di mana diketahui bahwa para siswa yang melanjutkan studi di SMPN 1 Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan mereka masih belum bisa menghafal bacaan salat dan mempraktikan gerakan salat dengan baik dan benar. Keadaan ini tentunya mengindikasikan telah terjadi permasalahan pada strategi penyampaian pembelajaran yang dilakukan oleh para guru SDN di Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, oleh sebab itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi media, interaksi dan bentuk pembelajaran salat antar SDN di Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, subjek penelitian ini adalah guru 3 guru PAI di SDN se Kelurahan Pendahara dan Informan adalah kepala sekolah dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data sedangkan teknik pengabsahan mengunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dilakukan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan adalah papan tulis, orang dan buku, interaksi guru dan siswa yang terjadi di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan adalah interaksi satu arah, bentuk pembelajaran yang dilakukan di SDN se Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan yaitu bentuk pembelajaran dalam kelompok kecil.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jainuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.