Menyembunyikan Alamat IP Webserver dengan Proxy Dns Records Cloudflare

Authors

  • Dzuhrizky Aryachandra Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ilham Fikri Yanto Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Miftahul Khair Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Muhamad Reza Sah Pahlevi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i4.1221

Keywords:

Proxy dns cloudflare, menyembunyikan alamat ip, Keamanan webserver

Abstract

Website menyediakan berbagai informasi, layanan, dan interaksi bagi pengguna di seluruh dunia. Website-website yang disimpan di sever pribadi rentan mengalami pencurian data seperti bocornya alamat IP webserver hingga bocornya konten didalam webserver tersebut. Hal ini sangat mungkin terjadi terutama pada webserver pribadi yang memiliki tingkat keamanan rendah. Menggunakan proxy DNS records dari Cloudflare merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan keamanan website. Dengan menyembunyikan alamat IP webserver, website menjadi lebih sulit untuk ditarget oleh serangan cyber yang dapat mengakibatkan pencurian data atau kerusakan lainnya. Cloudflare tidak hanya menyembunyikan informasi sensitif ini, tetapi juga menyediakan layanan tambahan seperti mitigasi DDoS, optimasi performa website, dan distribusi konten yang lebih cepat melalui CDN. Proses konfigurasi yang melibatkan pengaturan DNS dan pengujian sistem keamanan adalah langkah penting untuk memastikan bahwa alamat IP webserver terlindungi dengan baik. Kesimpulan yang diambil dari dokumen ini menegaskan pentingnya langkah-langkah keamanan ini dalam menjaga integritas dan privasi website.

References

Abdullah, Dahlan. 2020. “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi File Server Berbasis Web Menggunakan Metode Interpolation Search.”

Alviansyah, Alif, Sri Lestanti, and Rizki Dwi Romadhona. 2024. “Implementasi IP Forwarding Dengan Menggunakan IP Public Pada Alita Komputer Kota Blitar.” JOURNAL ZETROEM 6(1):109–13.

Cholik, Cecep Abdul. 2021. “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT Dalam Berbagai Bidang.” Jurnal Fakultas Teknik Kuningan 2(2):39–46.

Huda, Miftahul. 2021. Bisnis Web Hosting: Teknologi Pendukung Untuk Menjalankan Usaha Web Hosting. bisakimia.

Iriawan, Arya Maulana Putra. 2022. “Implementasi Sistem Sewa Mobil Pribadi Berbasis Web Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)/Arya Maulana Putra Iriawan/52180253/Pembimbing: Grace Martha G. Bororing.”

Jayanti, Dewi Estri, Rusydi Umar, and Imam Riadi. 2020. “Implementation of Cloudflare Hosting for Access Speed on Trading Websites.” Sisfotenika 10(2):227–38.

Kurniansyah, M. Iqbal, and Sinar Sinurat. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Server Hosting Dan Domain Terbaik Untuk WEB Server Menerapkan Metode VIKOR.” Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON) 2(1):14–24.

Mair, Zaid Romegar. 2018. Teori Dan Praktek Sistem Operasi. Deepublish.

Mustopa, Ali, Sarifah Agustiani, Siti Khotimatul Wildah, and Maysaroh Maysaroh. 2020. “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Perspektif 18(1):75–81.

Nento, Khairuddin, and Anis Masruri. 2020. “Optimalisasi Penggunaan Website Sebagai Media Publikasi Informasi Sekolah SMK Koperasi Yogyakarta.” Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII) 5(2):87–98.

Permana, Pungky Indra, and S. T. Alia Nutrisiany Purnomo. 2021. Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana indonesia.

Prasetio, Adhi. 2014. Buku Sakti Webmaster. MediaKita.

Putra, Gubtha Mahendra. 2022. “Pengujian Kinerja Web Server Atas Penyedia Layanan Elastic Cloud Compute (EC2) Pada Amazon Web Services (AWS).” Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI) 1(1):21–35.

Simanjorang, Anju Wahyu. 2023. “Sistem Informasi Presensi, Penggajian, Dan Pengajuan Cuti Pada Pt. Trisakti Manunggal Perkasa Internasional Berbasis Web.”

Witi, Ferdinandus Lidang. 2021. Membangun E-Commerce: Teori, Strategi Dan Implementasi. AMERTA MEDIA.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Aryachandra, D., Fikri Yanto, I. ., Miftahul Khair, M. ., & Reza Sah Pahlevi, M. (2024). Menyembunyikan Alamat IP Webserver dengan Proxy Dns Records Cloudflare. Jurnal Sosial Teknologi, 4(4), 218–226. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i4.1221