ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM FILM BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA

Authors

  • Aurelia Widya Astuti Politeknik Siber Cerdika Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i4.1233

Keywords:

Film, nilai-nilai religius, toleransi, kebaikan, perdamaian, media massa

Abstract

Film, sebagai media yang berpengaruh, memainkan peran penting dalam membentuk pandangan dan pemahaman masyarakat mengenai nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai religius yang terdapat dalam film "Bulan Terbelah di Langit Amerika." Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan melibatkan analisis observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pemantauan film pada platform Bstation dari tanggal 3 hingga 7 Desember 2023. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi dengan pencatatan poin-poin penting, analisis nilai-nilai religius, dan penyusunan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa adegan dalam film yang mencerminkan nilai-nilai religius, seperti pemberian Al-Qur'an sebagai hadiah ulang tahun, dialog tentang toleransi antaragama, pembelian hot dog dari penjual Muslim, hingga pidato Tuan Philipus Brown, yang semuanya menggambarkan keberagaman nilai keagamaan yang terdapat dalam film ini. Kesimpulan penelitian menekankan bahwa "Bulan Terbelah di Langit Amerika" berhasil secara efektif menggambarkan nilai-nilai religius dalam konteks kehidupan sehari-hari dan interaksi sosial. Implikasi penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman nilai-nilai keagamaan dalam media massa, serta mendukung pandangan yang positif, toleransi, dan pemahaman antaragama.

References

Astuti, Nensi Apriliya, Sri Utami, Hetty Purnamasari, and Iwan Sugianto. 2022. “Religiusitas Dan Moralitas Tokoh Utama Dalam Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais.” Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(2):149–76.

Choiriyati, Sri. 2015. “Peran Media Massa Dalam Membentuk Opini Publik.” Jurnal Uml 2(2):21–27.

Devi, Dwi Ananta. 2020. Toleransi Beragama. Alprin.

Fatimah, Nurul. 2017. “Nilai-Nilai Religius Dalam Novel ‘Bulan Terbelah Di Langit Amerika’ Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra.” Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 1(2):39–54.

Hasanah, Istiqomah Nur, and Ahmad Asrof Fitri. 2023. “Analisis Isi Pesan Dakwah Di Dalam Film ‘Bulan Terbelah Di Langit Amerika.’” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):1709–18.

Idris, Saifullah. 2017. “Internalisasi Nilai Dalam Pendidikan (Konsep Dan Kerangka Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).”

Izzaturobbaniyah, Khaulah. 2017. “Nilai Religius Pada Film Bulan Terbelah Dilangit Amerika Ditunjukkan Melalui Cerita (Analisis Unsur Naratif).”

Jauhari, Minan. 2017. “Media Sosial: Hiperrealitas Dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now Dalam Pemikiran Jean Baudrillard.” Al’Adalah 20(1):117–35.

Madiyono, Madiyono, and Mochamad Ziaul Haq. 2023. “Integritas Terbuka Sebagai Pendekatan Baru Dialog Antariman Dalam Penguatan Moderasi Beragama.” Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies 2(1):1–16.

Maimunah, Siti, and Nurdin Laugu. 2010. “Representasi Islam (Radikal) Dalam Majalah Sabili Sebuah Analisis Wacana Kritis.”

Margina, Daramita. 2021. “Film Sebagai Media Dakwah: Studi Pesan Dakwah Dalam Film Dua Garis Biru.”

Maryam, Ikhtiar. 2020. “Nilai-Nilai Toleransi Beragama Dalam Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara Karya Herwin Novianto.”

Maulaya, Fahdina Inas. 2021. “Analsis Framing Islamophobia Dalam Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika.”

Mubarokah, Baniyatul. 2015. “Penerapan Metode Dongeng Dalam Pembelajaran Bidang Pengembangan Akhlak Dan Nilai-Nilai Agama Islam Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Islam Purwokerto.”

Rahayu, Endang Sri. 2020. “Islam Sempurna Dalam Konsep Syariat, Tarekat Dan Hakikat.” Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial 3(1):125–33.

Rahman, Kalila Shahwa Noor, and Dwi Wahyu Candra Dewi. 2023. “Nilai Religius Dalam Novel Bulan Terbelah Di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra.” Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa 1(4):1–10.

Sabirin, Syahril. 2021. “Representasi Islamophobia Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika).”

Sulastri, Sulastri, Happy Fitria, and Alfroki Martha. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1(3):258–64.

Syukran, Agus Salim Syukran Agus Salim. 2019. “Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia.” Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman 1(2):90–108.

Tohdjoyo, Fahmi Muhammed. 2018. “Representasi Nilai-Nilai Islam Dalam Tayangan Film (Analisis Deskriptif Terhadap Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika).”

Umi, Parmiati. 2022. “Nilai-Nilai Sosial Dalam Film Dokumenter Negeri Di Bawah Kabut Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam.”

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Widya Astuti, A. (2024). ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM FILM BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA. Jurnal Sosial Teknologi, 4(4), 239–246. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i4.1233