Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Memprogram Mesin CNC di SMKN 1 Kota Padang

Authors

  • Waskito Universitas Negeri Padang
  • Adil Rahmat Kurnia Universitas Negeri Padang
  • Azwar Indra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.127

Keywords:

Implementasi, Penilaian autentik, Pembelajaran Memprogram Mesin CNC

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan besar yang dilakukan antara lain adalah dengan berganti dari KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13). Tujuan penelitian ini adalah mengungkap teknik penilaian autentik apa saja yang digunakan, perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi  penilaian auntentik dan upaya mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua metode pengumpulan data, yakni wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran CNC jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kota Padang. Hasil penelitian yakni penilaian autentik untuk menilai hasil belajar sudah terlaksana namun belum sesuai pedoman penilaian untuk SMK, penilaian aspek sikap menggunakan teknik penilaian observasi, aspek pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, penilaian keterampilan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja.

Downloads

Published

2021-07-16

How to Cite

Waskito, W., Rahmat Kurnia, A., & Indra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Memprogram Mesin CNC di SMKN 1 Kota Padang. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 644–652. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.127