Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Memprogram Mesin CNC di SMKN 1 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.127Keywords:
Implementasi, Penilaian autentik, Pembelajaran Memprogram Mesin CNCAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan besar yang dilakukan antara lain adalah dengan berganti dari KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13). Tujuan penelitian ini adalah mengungkap teknik penilaian autentik apa saja yang digunakan, perencanaan dan pelaksanaan penilaian autentik serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian auntentik dan upaya mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua metode pengumpulan data, yakni wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran CNC jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kota Padang. Hasil penelitian yakni penilaian autentik untuk menilai hasil belajar sudah terlaksana namun belum sesuai pedoman penilaian untuk SMK, penilaian aspek sikap menggunakan teknik penilaian observasi, aspek pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, penilaian keterampilan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Waskito, Adil Rahmat Kurnia, Azwar Indra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.