Analisis Kesuksesan Sistem Informasi dengan Mengadopsi Model Delone dan Mc Lean

Authors

  • Aswidani Aswidani Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i7.1307

Keywords:

Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, Model DMIS Success, Simak Unkhair

Abstract

Berdasarkan Model DeLone dan McLean Sistem Informasi (DMIS) versi revisi tahun 2003, terdapat enam faktor yang memengaruhi keberhasilan sistem informasi, yaitu kualitas sistem informasi, akurasi informasi, mutu layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan keuntungan yang diperoleh; Menurut DeLone dan McLean, semakin baik sistem informasi dan layanan, semakin baik penggunaan dan kepuasan pengguna. Ini akan menghasilkan manfaat bersih bagi perusahaan. Dalam penelitian ini, hanya dibatasi pada empat komponen yakni kualitas sistem informasi, akurasi informasi, mutu pelayanan, dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen yang mempengaruhi keberhasilan sistem informasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Sistem Informasi Akademik (SIMAK) di Fakultas Ekonomi, Universitas Khairun (UNKHAIR). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara bersamaan, kualitas sistem, akurasi informasi, dan mutu pelayanan memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMAK UNKHAIR. Namun, secara terpisah, kualitas sistem informasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini tidak mendukung pandangan DeLone dan McLean. Hasil studi ini bermakna bahwa keberhasilan sistem informasi pada SIMAK UNKHAIR, khususnya pada pengguna di fakultas ekonomi dengan menggunakan model DMIS tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi memengaruhi kepuasan pengguna. Hal ini disebabkan oleh sifat wajib (mandatory) dari SIMAK UNKHAIR, yang membuat pengguna tidak terlalu memperhatikan kualitas sistem informasi secara mendalam.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Aswidani, A. (2024). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi dengan Mengadopsi Model Delone dan Mc Lean. Jurnal Sosial Teknologi, 4(7), 475–484. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i7.1307