Perancangan Sistem ETLE Berbasis Web dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall (Studi Kasus : Kota Tegal)

Authors

  • Chandra Wahyu Kusuma Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • Dawang Gilang Lukito Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
  • I Made Suraharta Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i8.1321

Keywords:

e-tilang, qris, efisien, pembayaran

Abstract

ETLE merupakan digitalisasi dari sistem tilang manual untuk menyederhanakan prosedur agar lebih transparan dan efisien. Sistem pembayaran non tunai dengan menggunakan QRIS dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pembaruan dalam meningkatkan pelayanan tilang yang lebih efisien dan transparan. Metode yang digunakan yaitu System Development Life Cycle (SDLC) yang nantinya akan menghasilkan produk baru yang lebih efisien waktu, tenaga, dan biaya. Pembayaran dan pencetakan surat tilang dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor. Tampilan yang responsif dapat menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ETLEB berbasis web yang dikembangkan dapat membantu proses ekstraksi, transformasi, dan pemuatan data serta mendukung aktivitas bisnis organisasi di Kota Tegal. Sistem ini menyediakan antarmuka yang user-friendly dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kesimpulan pengembangan sistem ETLEB berbasis web dengan metode SDLC Waterfall telah berhasil dilakukan. Sistem ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan data serta mendukung aktivitas bisnis organisasi di Kota Tegal. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi terintegrasi untuk pemerintah daerah.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Wahyu Kusuma, C., Gilang Lukito, D., & Suraharta, . I. M. (2024). Perancangan Sistem ETLE Berbasis Web dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall (Studi Kasus : Kota Tegal). Jurnal Sosial Teknologi, 4(8), 586–594. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i8.1321