Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Talking Chips dan Talking Stick terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i8.1343Keywords:
cooperative, talking chips, talking stick, minat, pendidikan agama islamAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Mandah dalam pembelajaran PAI. Kurangnya minat tersebut ditandai dengan hanya beberapa siswa yang memberikan feedback terhadap pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan positivistik dengan metode penelitian kuantitatif. Kemudian, menggunakan jenis penelitian quasi experiment pretest posttest group design. Teknik pengumpulan data yaitu angket. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Mandah dengan kelas eksperimen pertama kelas XI MIA 1 sebesar 23 orang dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan eksperimen kedua di kelas XI MIA 2 sebesar 25 orang dengan menggunakan model cooperative tipe talking stick. Hasil penelitian yaitu: (1) Gambaran hasil minat belajar peserta didik yaitu XI MIA 1 terdapat pada kategori sedang, XI MIA 2 pada kategori sedang, XI MIA 3 pada kategori tinggi dan XI IPS pada kategori sangat tinggi, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelompok eksperimen pertama sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe talking chips, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelompok eksperimen kedua sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe talking stick, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik di SMAN 1 Mandah dengan menggunakan model cooperative tipe talking chips dan talking stick.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Normalasari Normalasari, Julian Batubara , Rehani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.