Analisis Gap Komunikasi pada Film Born To Fly 2023
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i9.1372Keywords:
broadcasting, film komunikasi, gap komunikasi, ilmu komunikasi, semiotikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film Born To Fly, yang menceritakan mengenai gap komunikasi yang terjadi antar generasi pada kapten Zhang dan Lei Yu, sebagai generasi milenial dan generasi Z. Pada analisis ini akan dilakukan melalui sudut pandang generasi yang berbeda ,yaitu generasi X, Milenial, dan Z, dimana data akan di kumpulkan melalui informan dari masing-masing generasi, yaitu Informan generasi X yang berusia 53 tahun, generasi milenial dengan usia 34 tahun dan juga informan dari generasi Z, yang berusia 21 tahun, dimana informan akan memberikan informasi tentang bagaimana film ini di terima dari sudut pandang generasi yang berbeda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dapat mempengaruhi gap komunikasi antar generasi dalam film Born To Fly. Pada analisis ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika, yang terfokus pada gap komunikasi dan analisis tanda-tanda yang di tunjukan pada setiap scene tertentu di dalam film Born To Fly, dengan menggabungkan perspektif generasi yang berbeda dan menggunakan analisis semiotika. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gap komunikasi antar generasi, yang di sebabkan akibat adanya perbedaan persepsi, budaya dan pengalaman antara Lei Yu dan Kapten Zhang, sehingga timbul pendapat yang berbeda dalam situasi yang sama, yang menyebabkan karakter Lei Yu, dapat bertumbuh.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Putri Maharani, Diajeng Herika Hermanu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.