Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme

Authors

  • Agus Maryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.141

Keywords:

Supervisi , Akademik, Esensialisme

Abstract

Hakikat dari pendidikan merupakan proses transformasi diupayakan untuk mengubah input menjadi output. Berdasarkan sebuah transformasi perlu adanya suatu proses yang berjalan dengan benar, terjaga dan sesuai dengan yang telah ditetapkan agar menjadi output yang berkualitas. Peran lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkualitas dalam hal ini sangat diperlukan untuk melahirkan generasi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat  meningkatkan keterampilan dalam proses mengajar  yang pada akhirnya diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat Hal ini sejalan dengan pandangan bahwa semakin terampil seorang guru maka semakin besar pula potenasi peningkatan prestasi siswanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode yang berhubungan dengan disiplin mental yang dapat membentuk karakter siswa. Peran pengawas dalam pendidikan yang dilakukan oleh dinas. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran utama sebagai pendukung proses pendidikan di sekolah. Jika ingin memberikan lebih dalam pemahaman tentang sumber-sumber supervisi pendidikan dalam perspektif epistemologi, yang merupakan salah satu cabang-cabang filsafat dan mengkaji asal usul suatu penyelidikan, dalam hal ini pengawasan pendidikan. Jika kita memahami sumber pendidikan supervisi, diharapkan supervisor mampu menjalankan perannya dengan baik.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Maryanto, A. (2021). Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 808–812. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.141