Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.141Keywords:
Supervisi , Akademik, EsensialismeAbstract
Hakikat dari pendidikan merupakan proses transformasi diupayakan untuk mengubah input menjadi output. Berdasarkan sebuah transformasi perlu adanya suatu proses yang berjalan dengan benar, terjaga dan sesuai dengan yang telah ditetapkan agar menjadi output yang berkualitas. Peran lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang berkualitas dalam hal ini sangat diperlukan untuk melahirkan generasi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat meningkatkan keterampilan dalam proses mengajar yang pada akhirnya diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat Hal ini sejalan dengan pandangan bahwa semakin terampil seorang guru maka semakin besar pula potenasi peningkatan prestasi siswanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode yang berhubungan dengan disiplin mental yang dapat membentuk karakter siswa. Peran pengawas dalam pendidikan yang dilakukan oleh dinas. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran utama sebagai pendukung proses pendidikan di sekolah. Jika ingin memberikan lebih dalam pemahaman tentang sumber-sumber supervisi pendidikan dalam perspektif epistemologi, yang merupakan salah satu cabang-cabang filsafat dan mengkaji asal usul suatu penyelidikan, dalam hal ini pengawasan pendidikan. Jika kita memahami sumber pendidikan supervisi, diharapkan supervisor mampu menjalankan perannya dengan baik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Agus Maryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.