Implementasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada Majlis Ta'lim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat

Authors

  • Mohamad Syipa STIKOM Cipta Karya Informatika Jakarta, Indonesia
  • Sutisna STIKOM Cipta Karya Informatika Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.153

Keywords:

Perancangan, Game, Pengenalan huruf hijaiyah

Abstract

Dalam era globalisasi pada saat ini, game menjadi daya tarik bagi semua kalangan terutama pada anak-anak, hal ini merupakan sebuah acuan bagi penulis untuk merancangan sebuah game yang dapat mengedukasi anak-anak untuk dapat menumbuhkan minat juga membangun keinginan anak-anak untuk belajar. game menjadi salah satu pilihan utama untuk memberikan sebuah pembelajaran pada anak-anak agar pembelajaran lebih interaktif dan tidak monoton sehingga anak-anak tidak mudah bosan dalam belajar. Dalam hal
pembacaan ayat suci Alqur’an, untuk dapat membaca ayat suci Al-qur’an sebelumnya pada saat usia dini orang tua dapat memberinya pelajaran dasar dalam membaca Alquran yaitu mengenali huruf hijaiyah dengan menggunakan kitab iqra, jika orang tua tidak dapat mengajari anaknya maka dapat diserahkan kepada guru mengaji disekitar. Oleh karena itu tujuan pengajaran dapat dijadikan sebagai pangkal acuan untuk menggunakan media. Manakala diabaikan, maka media bukan lagi sebagai alat bantu pengajaran tetapi sebagai
penghambat dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini adalah Membuat sebuah media metode pembelajaran kepada anak-anak yang mengaji di majlis ta’lim Raudhoh Al Ummahat untuk media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat mengenalkan huruf hijaiyah, dengan menggunakan Construct 2 dan metodologi mdlc dalam pembuatan game. Game edukasi pengenalan huruf hijaiyah menjadi saran untuk permainan
dan pembelajaran kepada anak-anak dengan cara yang menarik.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Syipa, M. ., & Sutisna, S. (2021). Implementasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada Majlis Ta’lim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 653–660. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.153