Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas VI SDN 05 Surabayo
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.158Keywords:
prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, sekolah dasarAbstract
Pendidikan memiliki pengaruh penting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan Berpikir (SPPKB) pada siswa kelas VI SDN 05 Surabayo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VI SDN 05 Surabayo. Objeknya adalah prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SDN 05 Surabayo melalui SPPKB. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dari 65 pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 75. Tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 17 siswa (61%) pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa (93%) pada siklus II. Hasil ini telah memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 90% siswa telah memperoleh nilai diatas kriteria minimal.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.