Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas VI SDN 05 Surabayo

Authors

  • Elmawati SD Negeri 05 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.158

Keywords:

prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan memiliki pengaruh penting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan Berpikir (SPPKB) pada siswa kelas VI SDN 05 Surabayo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VI SDN 05 Surabayo. Objeknya adalah prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SDN 05 Surabayo melalui SPPKB. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dari 65 pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 75. Tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 17 siswa (61%) pada siklus I meningkat menjadi 26 siswa (93%) pada siklus II. Hasil ini telah memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 90% siswa telah memperoleh nilai diatas kriteria minimal.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Elmawati, E. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas VI SDN 05 Surabayo . Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 741–749. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.158