Eksistensi Lembaga Rehabilitasi Swasta dalam Pemulihan Korban Penyalahguna Narkoba pada IPWL Yayasan Dwin Foundation, Bangka Belitung

Authors

  • Adelia Aviyani Universitas Bangka Belitung
  • Jamilah Cholillah Universitas Bangka Belitung
  • Luna Febriani Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i2.16

Abstract

Lembaga rehabilitasi swasta merupakan pusat rehabilitasi yang didirikan secara inisiatif mandiri dari individu atau kelompok individu tanpa terikat oleh pemerintah. Terbentuknya lembaga rehabilitasi swasta tidak memiliki keterikatan dengan pemerintah sehingga harus mampu mempertahankan eksistensi secara mandiri meskipun terdapat keterbatasan-keterbatasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi eksistensi lembaga rehabilitasi swasta dalam pemulihan korban penyalahguna narkoba pada IPWL Yayasan DWIN Foundation, Bangka Belitung. Adapun penelitian ini menggunakan Teori Metafora Organisasi dari Gareth Morgan yang mengemukakan tentang sebuah perumpamaan dalam menggambarkan kehidupan organisasi dengan cara yang terbaru serta menyoroti berbagai aspek. Terdapat 6 konsep metafora organisasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu organisasi sebagai mesin, organisasi sebagai sebagai organisme, organisasi sebagai otak, organisasi sebagai budaya, organisasi sebagai transformasi dan organisasi sebagai instrumen untuk menguasai. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang terdapat sumber data primer dari wawancara mendalam dengan informan. Penelitian ini mengambil informan sebanyak 20 orang yang terlibat dalam IPWL Yayasan DWIN Foundation yaitu tenaga konselor, korban penyalahguna narkoba serta pihak keluarga. Hasil temuan utama penelitian ini membahas peran IPWL Yayasan DWIN Foundation sebagai lembaga rehabilitasi swasta dalam pemulihan korban penyalahguna narkoba. meliputi yaitu menciptakan suasana kekeluargaan, memahami sebagai ex-addict, membentuk karakter dan melatih keterampilan korban penyalahguna narkoba. Selain itu ditemukan strategi IPWL Yayasan DWIN Foundation sebagai lembaga rehabilitasi swasta dalam memulihkan korban penyalahguna narkoba yaitu menerapkan rasa optimisme dan berkomitmen, kekuatan team work, mengutamakan visi dan misi serta melakukan inovasi dan kreativitas.

 

Downloads

Published

2021-02-14 — Updated on 2021-02-19

Versions

How to Cite

Aviyani, A. ., Cholillah, J. ., & Febriani, L. . (2021). Eksistensi Lembaga Rehabilitasi Swasta dalam Pemulihan Korban Penyalahguna Narkoba pada IPWL Yayasan Dwin Foundation, Bangka Belitung. Jurnal Sosial Teknologi, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i2.16 (Original work published February 14, 2021)