Efek Moderasi Ukuran Perusahaan Pada Pengaruh Kesempatan Investasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Uhkti Wahidniawati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • I Gusti Ketut Agung Ulupui Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Achmad Fauzi Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.165

Keywords:

Nilai Perusahaan, Kesempatan Investasi, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan

Abstract

Setiap keputusan yang diambil sebagai upaya peningkatan nilai perusahaan hendaknya memerhatikan perbedaan kepentingan para stakeholder untuk meminimalkan agency conflict. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesempatan investasi dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 27 perusahaan. Teknik analisis data yang dipakai yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah memakai software SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesempatan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis berikutnya menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh kesempatan investasi terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain, ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. 

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Wahidniawati, U., Agung Ulupui, I. G. K., & Fauzi, A. (2021). Efek Moderasi Ukuran Perusahaan Pada Pengaruh Kesempatan Investasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 717–723. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.165