Efek Moderasi Ukuran Perusahaan Pada Pengaruh Kesempatan Investasi dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.165Keywords:
Nilai Perusahaan, Kesempatan Investasi, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran PerusahaanAbstract
Setiap keputusan yang diambil sebagai upaya peningkatan nilai perusahaan hendaknya memerhatikan perbedaan kepentingan para stakeholder untuk meminimalkan agency conflict. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesempatan investasi dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 27 perusahaan. Teknik analisis data yang dipakai yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah memakai software SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesempatan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis berikutnya menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh kesempatan investasi terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain, ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Uhkti Wahidniawati, I Gusti Ketut Agung Ulupui, Achmad Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.