Penggunaan Aplikasi Whatsapp untuk Pembelajaran

Authors

  • Yudianto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.169

Keywords:

Penggunaan WhatsApp, Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Pandemi memberikan dampak besar terhadap berbagai sektor di Indonesia khususnya pendidikan, kurangnya fasilitas infrastruktur yang tersedia juga kurangnya persiapan yang dimiliki oleh Indonesia dalam menyikapi keterbatasan di kala pandemi ini membuat guru dan tenaga ajar lainnya memutar otak agar bisa tetap melanjutkan pembelajaran. Oleh karena itu, WhatsApp digunakan sebagai media pembelajaran saat pandemi dikarenakan banyaknya fitur yang mendukung dan mudahnya akses untuk mendapatkan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran disaat pandemi, kendala dan keefektivitasannya dengan menggunakan metode kualitatif. Hasilnya menunjukkan penggunaan WhatsApp dapat menjadi efektif tergantung pada bagaimana kerjasama antara guru dan orang tua siswa, penggunaannya memanfaatkan fitur berbagi dokumen, foto, video dan pesan suara, juga kendala dirasakan oleh orang tua terkait infrastruktur dimana latar belakang pendidikan dan ekonomi yang variatif menyebabkan tidak semua siswa mampu mengikuti pembelajaran jarak jauh ini juga kendala dirasakan oleh guru terkait proses pembelajaran yang dirasa kurang bermakna. Kurangnya jam pelajaran yang diemban oleh guru juga tidak tercapainya tujuan dari kurikulum sehingga dibutuhkan KD Esensial sebagai gantinya.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Yudianto, Y., & Murtiyasa, B. . (2021). Penggunaan Aplikasi Whatsapp untuk Pembelajaran . Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 830–839. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.169