Penggunaan Aplikasi Whatsapp untuk Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.169Keywords:
Penggunaan WhatsApp, Pembelajaran Daring, PandemiAbstract
Pandemi memberikan dampak besar terhadap berbagai sektor di Indonesia khususnya pendidikan, kurangnya fasilitas infrastruktur yang tersedia juga kurangnya persiapan yang dimiliki oleh Indonesia dalam menyikapi keterbatasan di kala pandemi ini membuat guru dan tenaga ajar lainnya memutar otak agar bisa tetap melanjutkan pembelajaran. Oleh karena itu, WhatsApp digunakan sebagai media pembelajaran saat pandemi dikarenakan banyaknya fitur yang mendukung dan mudahnya akses untuk mendapatkan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran disaat pandemi, kendala dan keefektivitasannya dengan menggunakan metode kualitatif. Hasilnya menunjukkan penggunaan WhatsApp dapat menjadi efektif tergantung pada bagaimana kerjasama antara guru dan orang tua siswa, penggunaannya memanfaatkan fitur berbagi dokumen, foto, video dan pesan suara, juga kendala dirasakan oleh orang tua terkait infrastruktur dimana latar belakang pendidikan dan ekonomi yang variatif menyebabkan tidak semua siswa mampu mengikuti pembelajaran jarak jauh ini juga kendala dirasakan oleh guru terkait proses pembelajaran yang dirasa kurang bermakna. Kurangnya jam pelajaran yang diemban oleh guru juga tidak tercapainya tujuan dari kurikulum sehingga dibutuhkan KD Esensial sebagai gantinya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yudianto, Budi Murtiyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.