Masalah Pembelajaran Online di SD Selama Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.188Keywords:
Masalah, Pembelajaran Online, Sekolah DasarAbstract
Beberapa kendala tentu akan ditemui dalam proses pembelajaran online, namun disitulah tantangan bagi guru dalam menghadapi kendala tersebut dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di tengah pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran online pada masa pandemi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran online di sekolah dasar pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti jurnal ilmiah, dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Data ini diperoleh melalui teknik triangulasi. Data dianalisis dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran online di sekolah dasar, baik SD (Sekolah Dasar) maupun MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Palembang pada masa darurat Covid-19, berbagai website pendidikan digunakan oleh guru, seperti WA (Whatsapp) dengan membuat Grup WA, Google Classroom, Google Duo, dan Zoom. Namun website utama yang digunakan adalah Google Classroom, karena daftar hadir dan materi selalu dibagikan melalui website. Pembelajaran online di sekolah dasar dapat terlaksana dengan baik jika ada kerjasama antara guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran di rumah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ulfa Fatiha Simangunsong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.