Masalah Pembelajaran Online di SD Selama Pandemi

Authors

  • Ulfa Fatiha Simangunsong Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.188

Keywords:

Masalah, Pembelajaran Online, Sekolah Dasar

Abstract

Beberapa kendala tentu akan ditemui dalam proses pembelajaran online, namun disitulah tantangan bagi guru dalam menghadapi kendala tersebut dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di tengah pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran online pada masa pandemi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran online di sekolah dasar pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti jurnal ilmiah, dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Data ini diperoleh melalui teknik triangulasi. Data dianalisis dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran online di sekolah dasar, baik SD (Sekolah Dasar) maupun MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Palembang pada masa darurat Covid-19, berbagai website pendidikan digunakan oleh guru, seperti WA (Whatsapp) dengan membuat Grup WA, Google Classroom, Google Duo, dan Zoom. Namun website utama yang digunakan adalah Google Classroom, karena daftar hadir dan materi selalu dibagikan melalui website. Pembelajaran online di sekolah dasar dapat terlaksana dengan baik jika ada kerjasama antara guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran di rumah.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Simangunsong, U. F. . (2021). Masalah Pembelajaran Online di SD Selama Pandemi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 920–930. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.188