Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.191Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP), Covid-19, Pembelajaran Elektronik, DaringAbstract
Sejak bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program belajar di rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan himbauan kepada seluruh unit pendidikan agar melakukan kegiatan belajar mengajar atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jaraka Jauh (PJJ) ini bertujuan untuk mengurangi risiko tertularnya Covid-19. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem Pembelajaran Jarak Jauh yang diterapkan, dampak dari sistem Pembelajaran Jarak Jauh, kendala dalam penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk penelitian perpustakaan. Penelitian perpustakaan merupakan kegiatan mengamatinya berbagai literatur yang berhubungan dengan pokok permasalahan yang diangkat baik itu berupa buku, makalah ataupun tulisannya yang sifatnya membantu sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih memiliki banyak kendala dari peralatan yang tidak memadai dan juga koneksi internet yang buruk. Pelaksanaan e-learning (electronic learning) diharapkan dapat dilakukan pengecekan untuk server dan pengecekan untuk jaringannya sehingga dapat memudahkan untuk login ataupun mengikuti proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nuriya Mulyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.