Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19

Authors

  • Nuriya Mulyati Universitas Brawijaya Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.191

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Sistem Manajemen Pembelajaran (SMP), Covid-19, Pembelajaran Elektronik, Daring

Abstract

Sejak bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program belajar di rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan himbauan kepada seluruh unit pendidikan agar melakukan kegiatan belajar mengajar atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jaraka Jauh (PJJ) ini bertujuan untuk mengurangi risiko tertularnya Covid-19. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem Pembelajaran Jarak Jauh yang diterapkan, dampak dari sistem Pembelajaran Jarak Jauh, kendala dalam penerapan sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk penelitian   perpustakaan. Penelitian perpustakaan merupakan   kegiatan mengamatinya berbagai literatur yang berhubungan dengan pokok   permasalahan yang diangkat baik itu berupa buku, makalah ataupun   tulisannya yang sifatnya membantu sehingga dapat dijadikan sebagai   pedoman dalam proses penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih memiliki banyak kendala dari peralatan yang tidak memadai dan juga koneksi internet yang buruk. Pelaksanaan e-learning (electronic learning) diharapkan dapat dilakukan pengecekan untuk server dan pengecekan untuk jaringannya sehingga dapat memudahkan untuk login ataupun mengikuti proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Mulyati, N. . (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 995 – 1.002. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.191