Pengaruh On Street Parking terhadap Kinerja Lalu Lintas di Pasar Bangkir Kabupaten Indramayu
Keywords:
on strret parking, hambatan samping, kinerja lalu lintasAbstract
Parkir di badan jalan (on street parking) dilakukan di atas badan jalan dengan menggunakan sebagian badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan dan tundaan. Hal ini terjadi diakibatkan oleh menurunnya kapasitas jalan. Penurunan kapasitas jalan tersebut terjadi karena kurangnya lajur efektif pada jalan, akibat sebagian lajur digunakan untuk parkir on street. Di sepanjang jalan lokasi studi terdapat pasar yang merupakan pusat perekonomian masyarakat sehingga banyak masyakarat melakukan aktivitas jual beli tetapi di lokasi studi tidak memiliki lahan parkir, sehingga banyak kendaraan yang parkir di badan jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya penurunan tingkat kinerja jalan akibat kegiatan on street parking. Metode yang digunakan adalah survei primer untuk pengumpulan data karakteristik lalu lintas, komposisi lalu lintas, kecepatan kendaraan, hambatan samping, dan kapasitas jalan sesuai dengan PKJI 2023. Hasil survey selama 4 hari menunjukan volume puncak sebesar 25.263,2 Smp/jam, dengan kecepatan rata- rata tertinggi 26,20 Km/jam, dan derajat jenuh sebesar 1,00. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa tingkat pelayanan di lokasi studi berada pada level E, sehingga di rekomendasikan untuk membangun lahan parkir baru dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp. 2.212.433.431,59 menggunakan AHSP 2023. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kebijakan penataan parkir yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja lalu lintas di sekitar Pasar Bangkir.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bintang Nabhaan, Muhammad Alfan D, Muhammad Priya V. R, Shinta Novriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.