Evaluasi Pemasaran Jasa Pengiriman Barang pada PT. Bahtera Selaras Mandiri Jakarta Timur

Authors

  • Andre Harefa Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Imhar Imhar Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.197

Keywords:

Kendaraan, Pelayanan, Pelanggan Meningkat

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Bahtera Selaras Mandiri yang beralamat di Jl. Raya Pulo Gebang No. 2 Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tidak tercapainya target pengiriman barang pada PT. Bahtera Selaras Mandiri Jakarta Timur selama periode 2017-2020 dan untuk mengetahui usaha yang telah dilakukan oleh PT. Bahtera Selaras Mandri Jakarta Timur agar target pengiriman barang dapat tercapai. Mengingat jumlah pelanggan yang mengalami penurunan agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan penghasilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan pemberian daftar pertanyaan. Metode pengambilan  dan pemberian sampel atau responden yang digunakan adalah accidenting sampling sebanyak 40 responden. Data selanjutnya diolah secara deskriptif yaitu dengan mengumpulkan, mengelompokkan dan selanjutnya dianalisis dan dihubungakan dengan teori-teori yang berhubungan/relevan dengan yang diteliti. Berdasarkan tanggapan responden berkenaan dengan kedatangan barang yang dikirim, 25% sangat puas, 50% menjawab puas, 15% ragu-ragu dan 10% yag tidak puas sedangkan berdasarkan jawaban responden tentang pelayanan yang diberikan perusahaan, 60% merasa puas, 15% menjawab sangat puas, yang ragu-ragu 12,5%, serta yang tidak puas sebesar 12,5%. Mengingat yang ragu-ragu dan tidak puas sebesar 12,5% cukup besar dan signifikan. Maka dapatlah sebaliknya pihak manajemen perlu segera mengevaluasi tentang angkutan dan kondisi lapangan terutama angkutan laut/sungai serta perlu kiranya meningkatkan pelayanan.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Harefa, A., & Imhar, I. (2021). Evaluasi Pemasaran Jasa Pengiriman Barang pada PT. Bahtera Selaras Mandiri Jakarta Timur. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 982–986. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.197