Definisi Sejarah Teori Intelegensi

Authors

  • Nur Uyun Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Zahra Maulida Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.209

Keywords:

Kemampuan, Potensial, Teori Intelegensi, Intelligence Quotient, Kelompok Sebaya

Abstract

Latar belakang: Intelegensi merupakan kemampuan yang bersifat umum dan potensial. Para ahli tidak mecapai kesepakatan dalam banyak hal mengenai intelegensi.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah seseorang anak sudah cukup matang untuk diterima di kelas 1 Sekolah Dasar atau belum, untuk mengetahui mengetahui dan memahami intelegensi peserta didik yang berbeda-beda, untuk mengadakan seleksi terhadap calon siswa atau mahasiswa dan sebagai salah satu informasi dalam mengadakan diagnosis kesulitan belajar.

Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan informasi adalah dengan menggunakan metode observasi dengan mendatangi salah satu sekolah.

Hasil penelitian: Para ahli juga berbeda dalam melihat komponen-komponen yang terdapat dalam intelegensi. Hal itu tampak dalam teori-teori yang mereka ajukan. Beberapa ahli yang mengajukan teorinya mengenai intelegensi, diantaranya adalah Terman, Spearman, Strenborg, Thurstone, Guildford dan Gardner. Intelegensi di ukur menggunakan tes intelegensi dan di skala menggunakan ukuran yang di kenal dengan IQ.

Kesimpulan: Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved) dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Uyun, N. ., Magdalena, I. ., & Maulida, Z. . (2021). Definisi Sejarah Teori Intelegensi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10), 1.145 – 1.149. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.209