Konteks yang Membuat Konsumen Membeli Barang Impor di Shopee E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.221Keywords:
Iklan, Niat Membeli, Media SosialAbstract
Latar belakang: Perkembangan teknologi pada masa revolusi industri 4.0 memiliki peran yang sangat penting dan juga merupakan langkah awal bagi pertumbuhan perdagangan pada negara Indonesia.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di Shopee e-Commerce. Kami meneliti terhadap faktor-faktor yang membuat niat konsumen yaitu promosi online, konten pemasaran, rekomendasi yang dipersonalisasi dan ulasan sosial. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat kota Batam yang menggunakan e-Commerce Shopee dengan menggunakan metode cluster-disproporsional-random dengan total sampel yang diambil sebanyak 145 responden dari semua responden tersebut terdapat 140 responden yang valid.
Metode penelitian: Penelitian telah dilakukan dengan memakai metode pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan Google Form. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara uji regresi linear menggunakan SPSS 26.
Hasil penelitian: Hasil menunjukkan bahwa online promotion, personalized recommendation dan ulasan sosial berpengaruh positif terhadap niat membeli konsumen.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian kami ini, kami berharap penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk para pengusaha yang membuka toko di cross border e-commerce dengan memperhatikan faktor-faktor konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di shopee e-Commerce.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Djayadhinata, Welliam Ali, Andreas, Arief Fernando, Kelviyanto Limanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.