Konteks yang Membuat Konsumen Membeli Barang Impor di Shopee E-Commerce

Authors

  • Djayadhinata Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Welliam Ali Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Andreas Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Arief Fernando Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Kelviyanto Limanda Universitas Internasional Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.221

Keywords:

Iklan, Niat Membeli, Media Sosial

Abstract

Latar belakang: Perkembangan teknologi pada masa revolusi industri 4.0 memiliki peran yang sangat penting dan juga merupakan langkah awal bagi pertumbuhan perdagangan pada negara Indonesia.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di Shopee e-Commerce. Kami meneliti terhadap faktor-faktor yang membuat niat konsumen yaitu promosi online, konten pemasaran, rekomendasi yang dipersonalisasi dan ulasan sosial. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat kota Batam yang menggunakan e-Commerce Shopee dengan menggunakan metode cluster-disproporsional-random dengan total sampel yang diambil sebanyak 145 responden dari semua responden tersebut terdapat 140 responden yang valid.

Metode penelitian: Penelitian telah dilakukan dengan memakai metode pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan Google Form. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara uji regresi linear menggunakan SPSS 26.

Hasil penelitian: Hasil menunjukkan bahwa online promotion, personalized recommendation dan ulasan sosial berpengaruh positif terhadap niat membeli konsumen.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian kami ini, kami berharap penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk para pengusaha yang membuka toko di cross border e-commerce dengan memperhatikan faktor-faktor konteks yang membuat konsumen membeli barang impor di shopee e-Commerce.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Djayadhinata, D., Ali, W. ., Andreas, A., Fernando, A., & Limanda, K. (2021). Konteks yang Membuat Konsumen Membeli Barang Impor di Shopee E-Commerce. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10), 1.187 – 1.202. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.221