Strategi Kinerja Perusahaan Dipengaruhi Inovasi, Kualitas Produk, Reputasi Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing PT. X
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.227Keywords:
Strategi, Inovasi, Kualitas Produk Reputasi Perusahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja PerusahaanAbstract
Latar belakang: Industri semen telah memasuki era baru, ditandai dengan semakin banyaknya para produsen semen yang meramaikan kompetisi pasar semen domestik di Indonesia yang berakibat pada pergeseran peta pola konsumsi semen eksisting. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, kualitas produk dan reputasi perusahaan melalui keunggulan kompetitif terhadap kinerja perusahaan pada PT. X Metode penelitian: Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan fokus grup diskusi. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan software SmartPLS versi 3 dan analisis data kualitatif menggunakan matriks Internal-Eksternal (IE), Competitive Profile Matrix (CPM), Strength Weakness Opportunities Threats (SWOT) dan Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Sampel penelitian sebanyak 100 responden dari top level management perusahaan. Hasil penelitian: Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel inovasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Kesimpulan: Variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Variabel reputasi perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Variabel inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja perusahaan. Variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kinerja perusahaan. Variabel reputasi perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kinerja perusahaan. Variabel keunggulan bersaing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kinerja perusahaanPublished
2021-10-15
How to Cite
Inge Oktaviani, Y. ., Sihite, M. ., & Derriawan, D. (2021). Strategi Kinerja Perusahaan Dipengaruhi Inovasi, Kualitas Produk, Reputasi Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing PT. X. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10), 1.287 – 1.298. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.227
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Yosephine Inge Oktaviani, Mombang Sihite, Derriawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.