Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Praktik Pemboran Mahasiswa Teknik Pertambangan AKNS

Authors

  • Febri Silvia Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rijal Abdullah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Remon Lapisa Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.228

Keywords:

Hasil Belajar, Praktik Pemboran, Model Project Based Learning

Abstract

Latar belakang: Teknik Pemboran merupakan salah satu mata kuliah pada Program Studi Teknik Pertambangan PDD AKNS.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model project based learning terhadap peningkatan hasil belajar praktik pemboran mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan quasi experimen dengan desain Pretest-Postest Control Design yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Berdasarkan tahap persiapan dilakukan observasi kemampuan awal mahasiswa dan membuat rubrik penilaian kinerja. Tahap pelaksanaan dilakukan pembagian kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana pada kelas eksperimen diterapkan model PjBl sedangkan pada kelas kontrol tetap diterapkan model konvensional. Tahap akhir dilakukan analisis data, pembahasan dan pengambilan kesimpulan hasil penelitian.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa t hitung (2,95) > t tabel (2,0101)  pada taraf signifikansi (α) 0,05 dan hasil belajar kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 33%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 12%. Dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar praktik pemboran mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar praktik pemboran mahasiswa Teknik Pertambangan PDD AKNS. Hal tersebut dibuktikan dengan analisa Gain Score dimana pada kelas eksperimen mahasiswa yang mengalami kenaikan nilai sebesar 33% dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol hanya 12% dan dengan kategori rendah.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Silvia, F. ., Abdullah, R. ., & Lapisa, R. . (2021). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Praktik Pemboran Mahasiswa Teknik Pertambangan AKNS. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10), 1.276 – 1.286. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.228