Faktor Faktor yang Mempengaruhi Nakhoda dalam Pengambilan Keputusan saat Kapal Mengalami Situasi Bahaya

Authors

  • Teguh Pribadi Politeknik Pelayaran Surabaya, Indonesia
  • Trisnowat Rahayu Politeknik Pelayaran Surabaya, Indonesia
  • Eddi Eddi Politeknik Pelayaran Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i10.23177

Keywords:

pengambilan keputusan, nahkoda, situasi berbahaya

Abstract

Penelitian ini adalah menganalisis dan mengidentifikasi serta menjelaskan berbagai keputusan yang diambil oleh nakhoda, serta mengevaluasi konsekuensi langsungnya terhadap aspek-aspek kritis saat kapal berlayar sedang mengalami situasi darurat. Metodologi penelitian adalah kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan melakukan wawancara yang mendalam dengan nakhoda mengenai tindakan nakhoda saat menghadapi situasi darurat, dengan mengutamakan  keselamatan awak, muatan dan kapalnya saat menghadapi situasi darurat. Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi untuk pengembangan yang lebih baik dalam pengoperasian kapal secara aman. Kesimpulan dan rekomendasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi Perusahaan Pelayaran dan Nakhoda untuk lebih meningkatkan aspek-aspek keselamatan di kapal. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Nakhoda saat menghadapi situasi darurat disimpulkan bahwa nakhoda seringkali menghadapi tekanan mental yang tinggi, kecemasan, dan stres yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Tekanan tersebut, jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan kekeliruan dalam menilai situasi dan mengambil keputusan yang kurang akurat. Secara keseluruhan dapat disarankan bahwa menekankan pentingnya pelatihan rutin dan perawatan kapal secara berkala dapat lebih meningkatkan kesiapsiagaan Nakhoda dalam menghadapi situasi darurat yang tidak menentu.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Pribadi, T., Rahayu, T., & Eddi, E. (2024). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Nakhoda dalam Pengambilan Keputusan saat Kapal Mengalami Situasi Bahaya. Jurnal Sosial Teknologi, 4(10), 851–867. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i10.23177