Faktor Faktor yang Mempengaruhi Nakhoda dalam Pengambilan Keputusan saat Kapal Mengalami Situasi Bahaya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i10.23177Keywords:
pengambilan keputusan, nahkoda, situasi berbahayaAbstract
Penelitian ini adalah menganalisis dan mengidentifikasi serta menjelaskan berbagai keputusan yang diambil oleh nakhoda, serta mengevaluasi konsekuensi langsungnya terhadap aspek-aspek kritis saat kapal berlayar sedang mengalami situasi darurat. Metodologi penelitian adalah kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan melakukan wawancara yang mendalam dengan nakhoda mengenai tindakan nakhoda saat menghadapi situasi darurat, dengan mengutamakan keselamatan awak, muatan dan kapalnya saat menghadapi situasi darurat. Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi untuk pengembangan yang lebih baik dalam pengoperasian kapal secara aman. Kesimpulan dan rekomendasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi Perusahaan Pelayaran dan Nakhoda untuk lebih meningkatkan aspek-aspek keselamatan di kapal. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Nakhoda saat menghadapi situasi darurat disimpulkan bahwa nakhoda seringkali menghadapi tekanan mental yang tinggi, kecemasan, dan stres yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Tekanan tersebut, jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan kekeliruan dalam menilai situasi dan mengambil keputusan yang kurang akurat. Secara keseluruhan dapat disarankan bahwa menekankan pentingnya pelatihan rutin dan perawatan kapal secara berkala dapat lebih meningkatkan kesiapsiagaan Nakhoda dalam menghadapi situasi darurat yang tidak menentu.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teguh Pribadi, Trisnowat Rahayu, Eddi Eddi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.