Pengaruh Perceived Value, Service Quality dan Brand Image terhadap Minat Beli Tiket Pesawat pada PT Garuda Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i10.23178Keywords:
perceived value, service quality, brand image, minat beliAbstract
Persaingan ketat di industri penerbangan, di mana maskapai dituntut untuk memberikan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen agar tetap kompetitif. Garuda Indonesia, sebagai maskapai nasional, perlu mempertahankan loyalitas pelanggan melalui peningkatan kualitas layanan, memperkuat citra merek, serta memberikan nilai yang baik bagi konsumen, terutama di era pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived value, service quality dan brand image terhadap minat beli tiket pesawat pada PT Garuda Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di kota Palembang pada tahun 2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa perceived value, service quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Perceived value, diharapkan untuk PT Garuda Indonesia untuk dapat mempercepat durasi dalam proses refund dana ke konsumen. Service quality, diharapkan pihak PT Garuda Indonesia memberikan informasi kepada konsumen jika adanya perubahan informasi. Brand image, diharapkan PT Garuda Indonesia dapat mempertimbangkan dalam melakukan event-event seperti pameran yang dimana perlu juga dilakukan dibeberapa kota di Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kamelia Balkhis, Marlina Widiyanti, Muchsin Saggaff Shihab, Ahmad Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.