Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kelas X IPS SMAN 1 Tanjung Selor dengan Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.243Keywords:
Hasil Belajar, Pemetaan Pikiran, Masa DepanAbstract
Latar belakang: Mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah yang akan “memetakan” pikiran dan menuntut anak kreatif dan efektif.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Selor pada Materi Bahasa Inggris dengan pokok bahasan Future Tense Metode Mind Mapping Tahun Pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian: Pengajaran metode diskusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin membaiknya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini.
Kesimpulan: Pendekatan metode mind maping pada pelajaran Bahasa Inggris materi future tense pada siswa X SMA Negeri 1 Tanjung Selor ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tahap pra siklus, Siklus I dan Siklus II mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap pra siklus yaitu dari 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 27% atau 77% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 8% atau 23% anak yang nilainya lebih dari KKM dengan nilai rata-rata sebesar 67, Selanjutnya siklus I dari 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 24% atau 69% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 11% atau 31% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 71.86 dan pada siklus II 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 8 siswa atau 31% yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 27% atau 77% anak yang nilainya lebih dari KKM dengan nilai rata-rata sebesar 76,57%.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Amiruddin Amiruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.