Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kelas X IPS SMAN 1 Tanjung Selor dengan Mind Mapping

Authors

  • Amiruddin Amiruddin SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.243

Keywords:

Hasil Belajar, Pemetaan Pikiran, Masa Depan

Abstract

Latar belakang: Mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah yang akan “memetakan” pikiran dan menuntut anak kreatif dan efektif.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Selor pada Materi Bahasa Inggris dengan pokok bahasan Future Tense Metode Mind Mapping Tahun Pelajaran 2017/2018.

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian: Pengajaran metode diskusi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin membaiknya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini.

Kesimpulan: Pendekatan metode mind maping pada pelajaran Bahasa Inggris materi future tense pada siswa X SMA Negeri 1 Tanjung Selor ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tahap pra siklus, Siklus I dan Siklus II mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap pra siklus yaitu dari 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 27% atau 77% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75  dan 8% atau 23% anak yang nilainya lebih dari KKM dengan nilai rata-rata sebesar 67,  Selanjutnya siklus I dari 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 24% atau 69% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 11% atau 31% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 71.86 dan pada siklus II 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 8 siswa atau 31% yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 27% atau 77% anak yang nilainya lebih dari KKM dengan nilai rata-rata sebesar 76,57%.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Amiruddin, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kelas X IPS SMAN 1 Tanjung Selor dengan Mind Mapping. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1.475 – 1.480. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.243