Analisis Faktor yang Memengaruhi Kejadian Kecelakaan Kerja pada Karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar Tahun 2019

Authors

  • Muqtashida Patsal Universitas Muslim Indonesia Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.250

Keywords:

Umur, Jenis Kelamin, Lama Kerja, SIkap, Kepatuhan Terhadap Prosedur, Penggunaan APD, Kondisi Mesin, alat pengaman mesin, letak mesin

Abstract

Latar belakang: Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan salah satu faktor penting dalam kelancaran produksi sehingga program K3 harus diterapkan di perusahaan dan bukan hanya sekadar wacana. Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi dalam lingkungan kerja yang dapat terjadi karena kondisi lingkungan  kerja yang tidak aman ataupun karena human error dan faktor peralatan.

Tujuan penelitian: Untuk menganalisis faktor determinan terjadinya kecelakaan kerja di PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar Tahun 2019 ditinjau dari karakteristik responden, sikap kerja, kepatuhan terhadap prosedur, penggunaan APD, kondisi mesin, alat pengaman mesin dan letak mesin.

Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sebanyak 84 dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan  data dilakukan dengan observasi lingkungan kerja dan instrumen kuesioner.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel umur, jenis kelamin, lama kerja, kondisi mesin dan alat pengaman mesin dengan kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia. Ada pengaruh antara variabel sikap, kepatuhan terhadap prosedur, penggunaan APD dan letak mesin dengan kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia.

Kesimpulan: Tidak ada pengaruh umur terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Tidak ada pengaruh lama kerja terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Ada pengaruh sikap terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Ada pengaruh kepatuhan terhadap prosedur dengan kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Ada pengaruh penggunaan APD terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Tidak ada pengaruh kondisi mesin terhadap kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019 Tidak ada pengaruh alat pengaman mesin terhadap kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019. Ada pengaruh letak mesin terhadap kejadian kecelakaan kerja pada karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Tahun 2019.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Patsal, M. . (2021). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kejadian Kecelakaan Kerja pada Karyawan PT. Maruki Internasional Indonesia Makassar Tahun 2019. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1.518 – 1.525. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.250