Motif Menonton Tayangan Variety Show Running Man dan Pemenuhan Kebutuhan Penonton

Authors

  • Nanda Riva Junita Muhammad Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Humaizi Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Syafruddin Pohan Universitas Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.256

Keywords:

Motif Menonton, Variety Show Running Man, Pemenuhan Kebutuhan, Banda Aceh

Abstract

Latar belakang: Running Man adalah salah satu program televisi yang bergenre urban action variety and comedy yang sedang digemari dan memiliki banyak penggemar dibelahan dunia Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui motif menonton tayangan variety show Running Man dan pemenuhan kebutuhan penonton di Kota Banda Aceh.

Metode penelitian: Penelitian kuantitatif korelasi menggunakan teori Uses and Gratifications berdasarkan pada motif menonton dan kebutuhan individual. Data dikumpulkan dengan menyebarkan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dengan menggunakan skala ordinal. Skala terdiri atas 25 pertanyaan, dengan 15 pertanyaan motif menonton tayangan variety show Running Man dengan reliabilitas (α) 0,808 dan 10 pertanyaan pemenuhan kebutuhan dengan reliabitias (α) 0,800. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tabel tunggal, tabulasi silang dan korelasi Rank Spearman untuk pengujian hipotesis.

Hasil penelitian: Hubungan signifikan antara motif menonton tayangan variety show Running Man dan pemenuhan kebutuhan penonton dimana tayangan ini memenuhi kebutuhan kognitif dan kebutuhan pelepasan penonton. Hasil juga menunjukkan bahwa penonton akan menonton tayangan variety show Running Man setelah di download dan menontonnya pada malam hari.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara motif menonton tayangan variety show Running Man dengan pemenuhan kebutuhan pada penonton kalangan dewasa di Kota Banda Aceh. Hasil juga menunjukkan penonton tayangan variety show Running Man dalam penelitian ini memiliki banyak motif, dimana mayoritas responden menonton tayangan ini setiap minggunya, dengan durasi menonton 31 - 60 menit dan ditonton pada malam hari serta memilih untuk mengunduh tayangan ini.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Riva Junita Muhammad, N. ., Humaizi, H., & Pohan, S. . (2021). Motif Menonton Tayangan Variety Show Running Man dan Pemenuhan Kebutuhan Penonton . Jurnal Sosial Teknologi, 1(12), 1.536 – 1.545. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.256