Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Janjimatogu

Authors

  • Oktavia Hasibuan Universitas Advent Indonesia, Indonesia
  • Joan Yuliana Hutapea Universitas Advent Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.270

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kesehatan

Abstract

Latar belakang: Kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi semua manusia. Segala
upaya akan dilakukan untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan
pasien pada Puskesmas Janjimatogu secara parsial.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan yaitu uji instrumen, statistik deskriptif, regresi linear
sederhana dan hipotesis t. Penelitian ini menggunakan Probability sampling sebagai teknik
pengumpulan sampel dan populasi dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden.Teknik
pengolahan data menggunakan SPSS versi 23.
Hasil penelitian: Kualitas pelayanan medis dengan dimensi bukti fisik, kehandalan,
ketanggapan, jaminan, empati berpengaruh positif secara signifikan dengan hasil yang diperoleh
sebesar 8,441 > t tabel 0,1946 dengan signifikasi value sebesar 0,000 < 0,005. Kualitas pelayanan
dalam koefisien determinasi menunjukkan 41,5 % yang artinya bahwa 41,5 % kualitas pelayanan
dapat memperngaruhi kepuasan pasien. Dari hasil statistik deskriptif memperoleh nilai yang
menunjukkan bahwa ketanggapan memiliki nilai terendah sebesar 3,89 dari dimensi kualitas
pelayanan.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan medis secara parsial
berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Janjimatogu. Hal ini dibuktikan
dengan nilai uji t yang memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 8.441 >
1.946. Variabel kualitas pelayanan terdapat indikator Assurance (Jaminan) dengan nilai tertinggi
sebesar 4.05 dan Responsiveness (Ketanggapan) memiliki niai terendah sebesar 3.89. Variabel
kepuasan pasien terdapat indikator mutu pelayanan memiliki nilai tertinggi sebesar 4.02 dan
proses pelayanan memiliki nilai terendah sebesar 3.88.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Hasibuan, O. ., & Yuliana Hutapea, J. . (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Janjimatogu. Jurnal Sosial Teknologi, 1(12), 1.612 – 1.621. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.270