Tipologi Partisipasi Politik Generasi Z ditinjau dari Pendidikan Politik Melalui PPKn dan Akses Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i12.31770Keywords:
generasi z, media sosial, pendidikan politik, partisipasi politikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan politik melalui mata pelajaran PPKn berikut persepsi peserta didik terhadap pendidikan politik melalui mata pelajaran PPKn; Menganalisis partisipasi politik generasi Z di media sosial; dan menganalisis tipologi partisipasi politik generasi Z berdasarkan pendidikan politik yang telah diperoleh melalui mata pelajaran PPKn serta keterpaparan berita politik di media sosial. Penelitian ini merupakan studi fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data penelitian menggunakan teknik purposive, meliputi: Wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMA Negeri 1 Depok Sleman, guru pengampu mata pelajaran PPKn, peserta didik yang merupakan generasi Z, serta pengamat politik wilayah DIY dari Komite Independen Sadar Pemilu (KISP). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan partisipasi politik perserta didik ditinjau berdasarkan implementasi pendidikan politik melalui mata pelajaran PPKn di SMA Negeri Depok Sleman belum terbentuk, meskipun berdasarkan persepsinya peserta didik sudah merasa cukup puas dengan pembelajaran yang diperoleh; generasi Z tidak menempatkan media sosial sebagai sarana yang memungkinkan untuk berpartisipasi dalam konteks politik; dan partisipasi politik generasi Z tergolong ke dalam tipolgi yang militan hipokrit.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyah Estyani Cahya, Nasiwan Nasiwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.