Efektivitas Penggunaan Video Orasi Ilmiah sebagai Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i2.31868Keywords:
keterlibatan mahasiswa, pembelajaran kewarganegaraan, video orasi ilmiahAbstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan video orasi ilmiah sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Kewarganegaraan. Dengan latar belakang bahwa pembelajaran di era digital memerlukan inovasi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video orasi ilmiah terhadap pemahaman dan keterlibatan mahasiswa, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan media ini, dan memberikan rekomendasi untuk pengintegrasian media pembelajaran berbasis video secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan eksplanatori, melibatkan survei kepada mahasiswa di Universitas XYZ. Hasil analisis menunjukkan bahwa video orasi ilmiah secara signifikan meningkatkan pemahaman materi dan motivasi belajar mahasiswa, dengan nilai R-Square mencapai 86.7%, menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan sebagian besar variasi dalam efektivitas pembelajaran. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media interaktif dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terhadap isu-isu kewarganegaraan yang relevan. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam literatur pendidikan dengan menyoroti potensi video orasi ilmiah sebagai alat bantu yang inovatif dan efektif dalam proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adventina Situngkir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.