Efektivitas Penggunaan Video Orasi Ilmiah sebagai Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Kewarganegaraan

Authors

  • Adventina Situngkir Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i2.31868

Keywords:

keterlibatan mahasiswa, pembelajaran kewarganegaraan, video orasi ilmiah

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan video orasi ilmiah sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Kewarganegaraan. Dengan latar belakang bahwa pembelajaran di era digital memerlukan inovasi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video orasi ilmiah terhadap pemahaman dan keterlibatan mahasiswa, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan media ini, dan memberikan rekomendasi untuk pengintegrasian media pembelajaran berbasis video secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan eksplanatori, melibatkan survei kepada mahasiswa di Universitas XYZ. Hasil analisis menunjukkan bahwa video orasi ilmiah secara signifikan meningkatkan pemahaman materi dan motivasi belajar mahasiswa, dengan nilai R-Square mencapai 86.7%, menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan sebagian besar variasi dalam efektivitas pembelajaran. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media interaktif dalam pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terhadap isu-isu kewarganegaraan yang relevan. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam literatur pendidikan dengan menyoroti potensi video orasi ilmiah sebagai alat bantu yang inovatif dan efektif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Situngkir, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Orasi Ilmiah sebagai Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Kewarganegaraan. Jurnal Sosial Teknologi, 5(2), 164–173. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i2.31868