Peningkatan Daya Saing Desa Wisata Gunung Cilik Melalui Produk Minuman Khas Wedang Pinus Dewi Guci

Authors

  • Taofan Setyomantoro Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Rezi Edi Muin Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32003

Keywords:

Daya Saing, Desa Wisata Gunung Cilik, Minuman Khas, Wedang Pinus Dewi Guci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Desa Wisata Gunung Cilik melalui pengembangan produk minuman khas Wedang Pinus Dewi Guci. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pengelola desa. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dalam penyajian dan penggunaan bahan lokal telah berhasil menciptakan daya tarik wisata yang unik. Wedang Pinus Dewi Guci tidak hanya menawarkan cita rasa yang khas, tetapi juga memperkaya pengalaman wisatawan dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal. Pengembangan Wedang Pinus Dewi Guci sebagai produk wisata di Desa Wisata Gunung Cilik terbukti efektif dalam meningkatkan daya saing desa. Dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan melibatkan masyarakat dalam proses produksi, desa wisata ini berhasil menciptakan diferensiasi yang diperlukan untuk bersaing dengan desa wisata lainnya. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya inovasi produk dalam pengembangan pariwisata berbasis komunitas. Desa wisata lain dapat mengambil pelajaran dari keberhasilan Gunung Cilik dengan mengidentifikasi potensi lokal dan mengembangkan produk yang mencerminkan ciri khas budaya mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat keberlanjutan ekonomi lokal.

References

Antara, M., & Arida, S. (2015). Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Konsorium Riset Pariwisata Universitas Udayana.

Hidayat, T., Fikri, M. A., & Kusuma, D. R. (2022). Peran Pembelajaran Organisasi Pada Pengaruh Kapabilitas Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Organisasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(4). https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i4.250

Istianah, Mardani, R. M., & Wahono, B. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Dan Pemasaran Via Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Boster Tea. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(2).

Krisnawati, I. (2021). Program Pengembangan Desa Wisata Sebagai Wujud Kebijakan Pemerintah Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Pasca Covid dan Implementasinya. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2). https://doi.org/10.31334/transparansi.v4i2.1974

Kusumastuti, A., & Khoiron, M. A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (Vol. 4, Issue 1).

Murni, N. (2023). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Desa Wisata Kampung Lama Kabupaten Deli Serdang Berbasis Potensi Lokal. Tourism, Hospitality And Culture Insights Journal, 3(1). https://doi.org/10.36983/thcij.v3i1.454

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350–355.

Nurwanda, M. I., Setiyono, B., & Wijayanto. (2021). Analisis Upaya Pemberdayaan Desa Wisata Pandanrejo Dalam Keberhasilan Menjadi 50 Desa Wisata Unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2021. Journal of Politic and Government Studies, 12(1).

Nuryanti, W. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Explorations in Economic History, 24(6).

Olifiana, A., & Soebiantoro, U. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Teh Celup Poci di Mojokerto. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4124

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Qadrina, S., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Boba Pada Usaha Aus di Bangka, Pela Mampang, Jakarta Selatan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6).

Sarawati, R. (2019). Village Capacity Building Through Strong, Developed, Independent and Democratic Village Governance. https://doi.org/10.4108/eai.10-9-2019.2289429

Sulistyawati, A. I., Indarto, & Saifudin. (2018). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing pada UMKM Handycraft di Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1.

Suminar, L., & Sari, P. A. (2021). Pola Penggunaan Ruang Terbuka Publik di Kawasan Wisata Malioboro Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(1).

Suwena, I Ketut dan Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar. In Pustaka Larasan.

Suyitno, A., & Sudarso, I. (2019). Desain Peningkatan Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Metode Servqual dan IPA Di Underpass Cafe. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2019.

Ulfiyati, Y., & Utomo, C. (2015). Model Teoritis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Manajemen Pengetahuan pada Keberhasilan Kolaborasi Desain. Jurnal Teknik Its, 4(1).

Wijayanti, A., & Damanik, J. (2019). Analysis of the tourist experience of management of a heritage tourism product: case study of the Sultan Palace of Yogyakarta, Indonesia. Journal of Heritage Tourism, 14(2). https://doi.org/10.1080/1743873X.2018.1494182

Zhang, X., & Zhang, Z. (2020). How do smart villages become a way to achieve sustainable development in rural areas? Smart village planning and practices in China. Sustainability (Switzerland), 12(24). https://doi.org/10.3390/su122410510

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Setyomantoro, T., & Muin, R. E. (2025). Peningkatan Daya Saing Desa Wisata Gunung Cilik Melalui Produk Minuman Khas Wedang Pinus Dewi Guci. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 289–296. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32003