Penerapan Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Website Nearpod untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran

Authors

  • Dina Sephiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tutut Nurita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32009

Keywords:

Guided Inquiry Learning, Nearpod, keterampilan proses sains, getaran, pendidikan

Abstract

Pendidikan sains yang efektif sangat penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Guided Inquiry Learning berbantuan website Nearpod dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi getaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental, khususnya one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan proses sains (pretest dan posttest), serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran ini, dengan nilai sig. pada uji t berpasangan sebesar 0,000 (p < 0,05). Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model ini juga sangat baik, mencapai 95,13%. Penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan model Guided Inquiry Learning berbantuan Nearpod tidak hanya meningkatkan keterampilan proses sains, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi getaran.

References

Agustiani, E., Aminah, N. S., & Suryana, R. (2022). Analysis of Science Process Skills Based on Programme for International Student Assessment Test and Observation Instruments of Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 45–54. https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i1.29434

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Anggraeni, D. S., & Mintohari. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Struktur Bumi Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD Fip Unesa, 12, 188–198. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.33272

Azizahwati, Sahal, M., Rahmad, M., & Harlipadensi. (2023). E-Module Problem Solving Assisted by Virtual Home Lab Learning on Dynamic Electricity Material to Improve Understanding of Concepts. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 230–239.

Bahri, A., Saparuddin, & Hidayat, W. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA di Kabupaten Jeneponto. Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods In Education. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).

E. Triani, Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.56996

Ekici, M., & Erdem, M. (2020). Developing Science Process Skills through Mobile Scientific Inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36(April), 100658. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658

Fareza, H. I., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod dalam Materi Perkembangbiakan pada Tumbuhan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 11(1), 11–21.

Fraenkel, Jack R., Norman E. Wallen, H. H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education.

Fraenkel, Jack R., Wallen, N. E. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill Higher Education (Issue 0).

Fraenkel, Jack R., N. E. W. (2018). How To Design And Evaluate Research In Education. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).

Hadis, E. N., Sahjat, S., & Ningrum, R. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Pada Konsep Gaya Dan Gerak. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 22–27. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149

Jehadan, H., Nur, M., & Supardi, Z. A. I. (2020). The Development of Physics Guided Inquiry Learning Package To Facilitate The Science Process Skills of Senior High School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10), 847–852. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3307

L Jannah, S., Ansori, M. R., & Harianto, R. H. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui LKPD Berbasis Scientific Approach pada Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.2805

Mabsutsah, N., & Yushardi. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Mahombar, A. (2024). Analisis Pemahaman Konsep dan Kendala Pemahaman Konsep Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Fisika Dan Pembelajaran (PHYDAGOGIC), 6(2). https://doi.org/10.31605/phy.v6i2.3683

Megayani, & Syamsuar, G. (2022). Perbandingan Brand Image Dengan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 05(01), 21–32.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1).

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). (2020). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan kependudukan, 3(2), 127-135. Jurnal Biometrika Kependudukan, 3(2), 1–23.

Rahmawati, A. W. (2019). Peran Predict Observe Explain Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Materi Perubahan Benda.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel2 Penelitian Dr. Riduwan.pdf (pp. 1–55).

Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika. FEBS Letters, 185(1), 4–8.

Setiawan, F. R. A., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2023). Profile of Guided Inquiry in Science Learning in Junior High Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(3), 343–354. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i3.294

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sukarelawan, I. (2024). N-Gain vs Stacking.

Zabala, G. M., & Dayaganon, A. J. (2023). Competency of Teachers and Laboratory Environment in an Online Setting as Predictors of Science Process Skills of Students: A Convergent Design. Science Education International, 34(3), 202–215. https://doi.org/10.33828/sei.v34.i3.4

Zahro, F., & Maulida, A. N. (2023). Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal. Seminar Pendidikan Ipa Xv 2023.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Sephiana, D., & Nurita, T. (2025). Penerapan Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Website Nearpod untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 313–330. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32009