Penerapan Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Website Nearpod untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32009Keywords:
Guided Inquiry Learning, Nearpod, keterampilan proses sains, getaran, pendidikanAbstract
Pendidikan sains yang efektif sangat penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Guided Inquiry Learning berbantuan website Nearpod dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi getaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental, khususnya one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan proses sains (pretest dan posttest), serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran ini, dengan nilai sig. pada uji t berpasangan sebesar 0,000 (p < 0,05). Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model ini juga sangat baik, mencapai 95,13%. Penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan model Guided Inquiry Learning berbantuan Nearpod tidak hanya meningkatkan keterampilan proses sains, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi getaran.
References
Agustiani, E., Aminah, N. S., & Suryana, R. (2022). Analysis of Science Process Skills Based on Programme for International Student Assessment Test and Observation Instruments of Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 45–54. https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i1.29434
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.
Anggraeni, D. S., & Mintohari. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Struktur Bumi Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Journal PGSD Fip Unesa, 12, 188–198. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.33272
Azizahwati, Sahal, M., Rahmad, M., & Harlipadensi. (2023). E-Module Problem Solving Assisted by Virtual Home Lab Learning on Dynamic Electricity Material to Improve Understanding of Concepts. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 230–239.
Bahri, A., Saparuddin, & Hidayat, W. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA di Kabupaten Jeneponto. Seminar Nasional Hasil Penelitian.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods In Education. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).
E. Triani, Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.56996
Ekici, M., & Erdem, M. (2020). Developing Science Process Skills through Mobile Scientific Inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36(April), 100658. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658
Fareza, H. I., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod dalam Materi Perkembangbiakan pada Tumbuhan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 11(1), 11–21.
Fraenkel, Jack R., Norman E. Wallen, H. H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education.
Fraenkel, Jack R., Wallen, N. E. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill Higher Education (Issue 0).
Fraenkel, Jack R., N. E. W. (2018). How To Design And Evaluate Research In Education. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1).
Hadis, E. N., Sahjat, S., & Ningrum, R. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Pada Konsep Gaya Dan Gerak. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 22–27. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Jehadan, H., Nur, M., & Supardi, Z. A. I. (2020). The Development of Physics Guided Inquiry Learning Package To Facilitate The Science Process Skills of Senior High School. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10), 847–852. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3307
L Jannah, S., Ansori, M. R., & Harianto, R. H. (2024). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui LKPD Berbasis Scientific Approach pada Kelas V MI Islamiyah Ambat Pamekasan. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.2805
Mabsutsah, N., & Yushardi. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Mahombar, A. (2024). Analisis Pemahaman Konsep dan Kendala Pemahaman Konsep Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Fisika Dan Pembelajaran (PHYDAGOGIC), 6(2). https://doi.org/10.31605/phy.v6i2.3683
Megayani, & Syamsuar, G. (2022). Perbandingan Brand Image Dengan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 05(01), 21–32.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1).
Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). (2020). Perbandingan tingkat konsistensi normalitas distribusi metode kolmogorov-smirnov, lilliefors, shapiro-wilk, dan skewness-kurtosis. Jurnal Biometrika dan kependudukan, 3(2), 127-135. Jurnal Biometrika Kependudukan, 3(2), 1–23.
Rahmawati, A. W. (2019). Peran Predict Observe Explain Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Materi Perubahan Benda.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel2 Penelitian Dr. Riduwan.pdf (pp. 1–55).
Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika. FEBS Letters, 185(1), 4–8.
Setiawan, F. R. A., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2023). Profile of Guided Inquiry in Science Learning in Junior High Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(3), 343–354. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i3.294
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sukarelawan, I. (2024). N-Gain vs Stacking.
Zabala, G. M., & Dayaganon, A. J. (2023). Competency of Teachers and Laboratory Environment in an Online Setting as Predictors of Science Process Skills of Students: A Convergent Design. Science Education International, 34(3), 202–215. https://doi.org/10.33828/sei.v34.i3.4
Zahro, F., & Maulida, A. N. (2023). Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal. Seminar Pendidikan Ipa Xv 2023.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Sephiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.