Tindak Tutur Guru Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMPN 2 Muara Wahau
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i4.32018Keywords:
Tindak Tutur Guru, Pembelajaran Bahasa, Sastra IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur guru, fungsi dari masing-masing jenis tindak tutur, serta makna pragmatik tindak tutur tersebut dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negeri 2 Muara Wahau. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan data yang diambil dari tindak tutur guru selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan teori pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis tindak tutur meliputi: pertama, tindak tutur lokusi yang terdiri dari imperatif, interogatif, dan deklaratif; kedua, tindak tutur ilokusi yang mencakup direktif, ekspresif, representatif, dan komisif; ketiga, tindak tutur perlokusi yang berfokus pada efek dari setiap tuturan. Tindak tutur lokusi yang paling dominan adalah interogatif, sedangkan untuk ilokusi, yang paling sering muncul adalah direktif. Fungsi tindak tutur yang ditemukan antara lain meminta, memohon, bertanya, dan mengarahkan, namun tidak ditemukan fungsi seperti menekan atau mendidik. Makna pragmatik yang teridentifikasi adalah mengingatkan, menyuruh, mengarahkan, dan menegur, dengan makna dominan yang dituturkan oleh guru adalah mengingatkan dan mengarahkan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya kesadaran guru dalam menggunakan tindak tutur yang tepat untuk menciptakan komunikasi yang efektif dalam pembelajaran. Penggunaan tindak tutur yang sesuai, terutama yang mengarah pada pengingat dan pengarahan, dapat meningkatkan interaksi positif di kelas dan membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih baik. Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan keterampilan komunikasi guru dalam menggunakan tindak tutur yang sesuai sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anti Anti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.