Analisa Kelaikan Pengaruh Aktivitas Transportasi Terhadap Traffic Noise Level pada Kawasan Rumah Sakit Omni Alam Sutera dengan Menggunakan Metode Calculation of Road Traffic Noise (CORTN)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32033Keywords:
Karakterisik Arus Lalu Lintas, Tingkat Kebisingan, Calculation of Road Traffic Noise (CoRTN)Abstract
Tingginya arus lalu lintas yang terjadi menimbulkan banyak sekali permasalahan terutama dampak bagi lingkungan yaitu gangguan kebisingan di area pemukiman atau pada tempat umum yang meliputi area pusat kegiatan aktivitas manusia seperti area rumah sakit ataupun area perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang disebabkan karena adanya pengaruh terhadap karakteristik lalu lintas melalui metode Calculation of Road Traffic Noise (CORTN). Penelitian ini dilakukan pada Kawasan Rumah Sakit Omni Alam Sutera menjadi salah satu contoh kawasan dengan arus lalu lintas yang cukup padat. Titik pengamatan berjarak 100 meter yang berada di depan area Hotel Mercure dan di depan area Rumah Sakit Omni Alam Sutera dan alat yang digunakan yaitu Sound Level Meter. Hasil penelitian didapatkan Tingkat kebisingan yang diperoleh kebisingan lalu lintas rata-rata sebesar 71 ± 3 dB serta PNL (predicted noise level) rata-rata sebesar 65 ± 2 dB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kebisingan yang terjadi di kawasan RS Omni Alam telah melewati baku mutu tingkat kebisingan sebesar 55 dB sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan No. KEP-48/MENLH/11/1996. Sehingga diperlukanya upaya dengan menggunakan media seperti halnya menggunakan peredam kebisingan yang efektif untuk mereduksi pantulan gelombang suara yang ditimbulkan dari aktivitas transportasi.
References
Abduh, I. M. N. (2018). Ilmu dan rekayasa lingkungan (Vol. 1). SAH MEDIA.
Arifiyananta, R. D. (2015). Strategi dinas perhubungan kota surabaya untuk mengurangi kemacetan jalan raya kota surabaya. Publika, 3(6).
Daulay, M. M. (2023). Kebijakan hukum terkait korporasi yang terlibat pencemaran lingkungan. Jurnal Notarius, 2(1).
Habibati, H., Hasan, M., & Fitri, N. R. (2019). Pengembangan media buletin menggunakan coreldraw X7 pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 23–33.
Heriyatna, E. (2017). Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Pierre Tendean Banjarmasin. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 6(02), 126–136.
Karim, H. A., Lis Lesmini, S. H., Sunarta, D. A., Sh, M. E., Suparman, A., Si, S., Kom, M., Yunus, A. I., Khasanah, S. P., & Kom, M. (2023). Manajemen transportasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Meilina, A. (2020). Analisis Hubungan Volume dan Kecepatan Kendaraan dengan Kebisingan Akibat Kendaraan Bermotor.
Pidianko, K. A. (2024). Analisa Yuridis Efektivitas Pelaksanaan Pasal 285 Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Pelarangan Penggunaan Knalpot Yang Melebihi Ambang Batas Kebisingan (Studi Kasus Di Polres Jakarta Selatan). Universitas Nasional.
Prayoga, M. A. B. (2022). Rancang Bangun Alat Ukur Tingkat Kebisikan Berbasis IOT di Ruang Kelas Gedung Teknik Lantai 8 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Design and Build of IOT-Based Whisper Level Measuring Instrument in 8th Floor Engineering Building Classroom, University of. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Rahman, M. A., & Surya, A. (2023). Analisa Dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Sungai Andai-Padat Karya, Kota Banjarmasin). Proceeding: Islamic University of Kalimantan.
Setiawan, E. H. (2018). Peran Badan Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Upaya Mengendalikan Pencemaran Suara (Kebisingan) Sebagai Akibat Dari Kegiatan Penerbangan Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. UAJY.
Shrivastava, P. (2018). Environmental technologies and competitive advantage. In Business Ethics and Strategy, Volumes I and II (pp. 317–334). Routledge.
Siska, D. (2015). Analisa kebisingan dan studi akustik dalam tatanan bangunan. Arsitekno, 6(6), 33–38.
Stephen, A. M. (2023). Analisa Kapasitas Dan Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg Dan Underwood Pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Medan.
Wijanarko, I., & Ridlo, M. A. (2019). Faktor-Faktor Pendorong Penyebab Terjadinya Kemacetan Studi Kasus: Kawasan Sukun Banyumanik Kota Semarang. Jurnal Planologi, 14(1), 63–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ario Wicaksono, Fredy Jhon Philip Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




