Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Meningkatkan Motivasi dan Percaya Diri Santri Putri Pondok Pesantren Darul Amal Metro

Authors

  • Marfiatu Rohmah IAIN Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32034

Keywords:

Ekstrakurikuler, Muhadharah, Motivasi, Percaya Diri, Santri Putri

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang diadakan di Pondok Pesantren Darul Amal Metro untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan kemampuan berargumentasi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dalam meningkatkan motivasi dan percaya diri santri putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan santri, pengamatan langsung, serta analisis dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri putri, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berbicara di depan umum. Kegiatan ini juga membantu santri putri untuk lebih aktif dan berani dalam menyampaikan pendapat.

References

Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1).

Febriana, Winda, Oking Setia Priatna, & Suyud Arif. (2024). Peran Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor. Indonesian Journal of Multidisciplinary Expertise, 2, 44–53.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Posiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(2019).

Mashartanto, A. A., Purnama, C., & Mulyana, F. (2022). Pengaruh Motivasi Instrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/I Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 22(2). https://doi.org/10.33556/jstm.v22i2.309

Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214

Mursyid, M., & Yono. (2022). Efektivitas Program Muhadhoroh Terhadap Peningkatan Kemampuan Public Speaking Siswa di Majlis Ta’lim Riyadul Hasanka Kp. Kebon Kopi. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1).

Muspawi M., Masita, & Swastini. (2023). Komunikasi Organisasi dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Novita, Jeihn, & Frisca Mareyta. (2024). Suatu Kajian Terhadap Prestasi Belajar: Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Journal of Engineering and Transportation, 2.

Nuraliffah, E. S., Syam, N. K., & Arif, M. F. (2020). Pengaruh Kegiatan Muhadharah terhadap Peningkatan Skill Public Speaking Siswa Majlis Ta’lim Al – Faatih Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, 6(2).

Optalia, J., Trisno, B., & Fatmawati, Y. (2023). Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Meningkatkan Bakat Santri Di Ponpes Madinatul Munawwarah. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(10).

Sapitra, Doni, D.I Ansusa Putra, M. R. (2022). Manajemen Muhadharah Untuk Meningkatkan Kualitas Santri Dalam Berdakwah Di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Kota Jambi. Qoulan Baligha, 1(1).

Simaremare, Sari Marojahan, Helena Turnip, & Debora Maria Sihite. (2025). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4, 296–305.

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Wijaya, A. D. (2024). Dampak Rendahnya Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.768

Yusup, R., Utomo, Agustini, U., & Abidin, Z. (2023). Analisis Beberapa Permainan Tradisional Sunda dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.126

Zahara, A. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Skripsi ; Institut Agama Islam Negri Bengkulu.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Rohmah, M. (2025). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Meningkatkan Motivasi dan Percaya Diri Santri Putri Pondok Pesantren Darul Amal Metro. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 565–571. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32034