Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Meningkatkan Motivasi dan Percaya Diri Santri Putri Pondok Pesantren Darul Amal Metro
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32034Keywords:
Ekstrakurikuler, Muhadharah, Motivasi, Percaya Diri, Santri PutriAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang diadakan di Pondok Pesantren Darul Amal Metro untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan kemampuan berargumentasi di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dalam meningkatkan motivasi dan percaya diri santri putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan santri, pengamatan langsung, serta analisis dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhadharah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri putri, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berbicara di depan umum. Kegiatan ini juga membantu santri putri untuk lebih aktif dan berani dalam menyampaikan pendapat.
References
Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1).
Febriana, Winda, Oking Setia Priatna, & Suyud Arif. (2024). Peran Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Pesantren Darul Muttaqien Parung Bogor. Indonesian Journal of Multidisciplinary Expertise, 2, 44–53.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Posiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(2019).
Mashartanto, A. A., Purnama, C., & Mulyana, F. (2022). Pengaruh Motivasi Instrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Teknologi Informatika Taruna/I Angkatan V Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 22(2). https://doi.org/10.33556/jstm.v22i2.309
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214
Mursyid, M., & Yono. (2022). Efektivitas Program Muhadhoroh Terhadap Peningkatan Kemampuan Public Speaking Siswa di Majlis Ta’lim Riyadul Hasanka Kp. Kebon Kopi. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1).
Muspawi M., Masita, & Swastini. (2023). Komunikasi Organisasi dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Novita, Jeihn, & Frisca Mareyta. (2024). Suatu Kajian Terhadap Prestasi Belajar: Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Journal of Engineering and Transportation, 2.
Nuraliffah, E. S., Syam, N. K., & Arif, M. F. (2020). Pengaruh Kegiatan Muhadharah terhadap Peningkatan Skill Public Speaking Siswa Majlis Ta’lim Al – Faatih Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, 6(2).
Optalia, J., Trisno, B., & Fatmawati, Y. (2023). Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Meningkatkan Bakat Santri Di Ponpes Madinatul Munawwarah. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(10).
Sapitra, Doni, D.I Ansusa Putra, M. R. (2022). Manajemen Muhadharah Untuk Meningkatkan Kualitas Santri Dalam Berdakwah Di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Kota Jambi. Qoulan Baligha, 1(1).
Simaremare, Sari Marojahan, Helena Turnip, & Debora Maria Sihite. (2025). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4, 296–305.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Wijaya, A. D. (2024). Dampak Rendahnya Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.768
Yusup, R., Utomo, Agustini, U., & Abidin, Z. (2023). Analisis Beberapa Permainan Tradisional Sunda dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.126
Zahara, A. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. Skripsi ; Institut Agama Islam Negri Bengkulu.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marfiatu Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.