Pengaruh Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Impulsive Buying Pada Produk Skincare (Penelitian Kasus Pada Penggunaan Platform Tiktok Shop)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32046Keywords:
live streaming, tiktok shop, keputusan pembelian, pembelian impulsif, e-commerce, produk skincareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak Live Streaming terhadap keputusan pembelian konsumen dan perilaku pembelian impulsif terhadap produk skincare melalui platform TikTok Shop. Live Streaming dipandang sebagai strategi pemasaran yang menggabungkan teknologi digital dengan komunikasi langsung untuk memotivasi konsumen dalam melakukan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pendekatan survei, penelitian ini melibatkan 62 responden pengguna TikTok Shop. Data yang terkumpul dianalisis melalui uji regresi linier berganda untuk mengungkap korelasi antara variabel Live Streaming (X1), keputusan pembelian (Y1), dan perilaku pembelian impulsif (Y2). Temuan penelitian menunjukkan bahwa Live Streaming memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen serta perilaku impulsif. Aspek-aspek seperti interaksi langsung dengan penjual, promosi menarik, dan tawaran eksklusif selama sesi Live Streaming terbukti menjadi faktor utama pendorong perilaku impulsif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang berharga bagi para pelaku bisnis mengenai pentingnya pemanfaatan Live Streaming sebagai strategi pemasaran yang efektif di tengah perkembangan teknologi digital.
References
Astuti, A. W., & Muhafifah, R. (2023). The Role Of Technology In Changing Modern Business Dynamics. Interdisciplinary Journal of Advanced Research and Innovation, 1(2), 68–72.
Astuti, A. W., Sayudin, S., & Muharam, A. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2787–2792.
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39–46.
Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM: pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 331–357.
Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Umsida press.
Farhatun Nisaul Ahadiyah. (2023). Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.5
Hidayat, E. W. (2016). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen ACE Hardware Pondok Indah Mall). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Julianti, S. (2018). Mastering Packaging for E-commerce. Gramedia Pustaka Utama.
Liao, C., Lin, H.-N., Luo, M. M., & Chea, S. (2017). Factors influencing online shoppers’ repurchase intentions: The roles of satisfaction and regret. Information & Management, 54(5), 651–668.
Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. penerbit andi.
Putri, H. A., & Albari, A. (2024). The Influence of TikTok Shop Service Quality on Consumer Loyalty Regarding Customer Satisfaction, Customer Trust, and Behavioral Intention. Jurnal Impresi Indonesia, 3(3), 195–207.
Safitri, D. D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Di Online Marketplace. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1020–1026.
Setyaningsih, F. E. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 11, 107–116.
Setyobudi, M. A., & Farida, S. N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia di Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (JIKB, Vol. 12(ISSN: 2087-3921), 29–36.
Wibowo, E. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 1(1).
Witi, F. L. (2021). Membangun E-Commerce: Teori, Strategi dan Implementasi. AMERTA MEDIA.
Yoga, I. M. S., & Triami, N. P. S. (2021). The online shopping behavior of Indonesian generation X toward e-commerce. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(3), 441–451.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faradilla Fakhirah Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.