Penerapan Marketing Mix NICE dan Strategi STP oleh Cook Link dalam Mendukung Pertumbuhan Pasar Industri Perhotelan

Authors

  • Sudiyono Sudiyono Universitas Esa Unggul
  • Unggul Kustiawan Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32055

Keywords:

Perencanaan Pemasaran, Strategi STP, Marketing Mix, Pemasok Bahan Baku Makanan, Industri Perhotelan, Cook Link

Abstract

Perencanaan pemasaran yang efektif adalah kunci dalam keberhasilan strategi bisnis, khususnya dalam industri perhotelan yang semakin kompetitif. Penelitian ini membahas penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Angkasa Lima Pratama melalui merek Cook Link, yang menyediakan aplikasi penghubung pemasok bahan baku makanan untuk industri perhotelan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Analisis dilakukan pada tiga aspek utama: tujuan dan sasaran pemasaran, segmentasi, targeting, dan positioning (STP), serta proyeksi pendapatan dan strategi pengembangan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan marketing mix (NICE) oleh Cook Link berhasil meningkatkan jaringan distribusi, memperkuat hubungan dengan klien, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Proyeksi pendapatan menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan, dengan strategi yang terfokus pada hotel berbintang di wilayah Jabodetabek dan rencana ekspansi ke Jawa Barat. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya perencanaan pemasaran yang terstruktur dalam menghadapi dinamika pasar yang kompetitif. Penerapan strategi marketing mix yang tepat tidak hanya membantu perusahaan dalam mencapai tujuan jangka pendek, tetapi juga dalam memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar di industri perhotelan dan pemasokan bahan baku makanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perusahaan lain dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif.

References

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1–17.

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194–211.

Fathoni, M. A. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif hukum Islam. Jurisdictie, 9(1), 440526.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Kusumowardhani, D. (2021). Analisis pengaruh nilai pelanggan, kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pendapatan perusahaan pada pelayanan laboratorium kesehatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 23(1), 74–91.

Nur Anisa, I., & Oktafia, R. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt Harapan Ummat Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1). https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597

Oroh, G. J., Nelwan, O., & Lumintang, G. (2023). Penerapan Marketing Mix 7p Pada Cv.Indocipta Karya Gemilang Leilem. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1). https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45933

Pratama, Y., Fachrurazi, F., Sani, I., Abdullah, M. A. F., Noviany, H., Narulita, S., Hapsara, O., Zulkarnain, I., Fermayani, R., & Sembiring, R. S. R. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi Di Era Digital. CV. Eureka Media Aksara.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, M., Mawarni, I., Saktisyahputra, S., Riyanto, J., Diputra, G. I. S., Musprihadi, R., & Islami, V. (2024). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. PT. Green Pustaka Indonesia.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

TSU, M. T. (2023). Analisis Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pt Mitra Indotani Abadi. Universitas Islam Balitar, Blitar.

Yusuf, Y., Taufik, M., Hastuti, H., Usna, W. O., & Ariawan, A. (2022). Pengaruh Harga, Nilai Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan:(Studi pada Usaha Ayam Potong Peternakan La Lati di Desa Bente Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna). Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 3(2), 110–120.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Sudiyono, S., & Kustiawan, U. . (2025). Penerapan Marketing Mix NICE dan Strategi STP oleh Cook Link dalam Mendukung Pertumbuhan Pasar Industri Perhotelan. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 673–678. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32055