Penerapan Marketing Mix NICE dan Strategi STP oleh Cook Link dalam Mendukung Pertumbuhan Pasar Industri Perhotelan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32055Keywords:
Perencanaan Pemasaran, Strategi STP, Marketing Mix, Pemasok Bahan Baku Makanan, Industri Perhotelan, Cook LinkAbstract
Perencanaan pemasaran yang efektif adalah kunci dalam keberhasilan strategi bisnis, khususnya dalam industri perhotelan yang semakin kompetitif. Penelitian ini membahas penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Angkasa Lima Pratama melalui merek Cook Link, yang menyediakan aplikasi penghubung pemasok bahan baku makanan untuk industri perhotelan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Analisis dilakukan pada tiga aspek utama: tujuan dan sasaran pemasaran, segmentasi, targeting, dan positioning (STP), serta proyeksi pendapatan dan strategi pengembangan pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan marketing mix (NICE) oleh Cook Link berhasil meningkatkan jaringan distribusi, memperkuat hubungan dengan klien, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Proyeksi pendapatan menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan, dengan strategi yang terfokus pada hotel berbintang di wilayah Jabodetabek dan rencana ekspansi ke Jawa Barat. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya perencanaan pemasaran yang terstruktur dalam menghadapi dinamika pasar yang kompetitif. Penerapan strategi marketing mix yang tepat tidak hanya membantu perusahaan dalam mencapai tujuan jangka pendek, tetapi juga dalam memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar di industri perhotelan dan pemasokan bahan baku makanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perusahaan lain dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif.
References
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1–17.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194–211.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif hukum Islam. Jurisdictie, 9(1), 440526.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Kusumowardhani, D. (2021). Analisis pengaruh nilai pelanggan, kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap pendapatan perusahaan pada pelayanan laboratorium kesehatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 23(1), 74–91.
Nur Anisa, I., & Oktafia, R. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt Harapan Ummat Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1). https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597
Oroh, G. J., Nelwan, O., & Lumintang, G. (2023). Penerapan Marketing Mix 7p Pada Cv.Indocipta Karya Gemilang Leilem. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1). https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45933
Pratama, Y., Fachrurazi, F., Sani, I., Abdullah, M. A. F., Noviany, H., Narulita, S., Hapsara, O., Zulkarnain, I., Fermayani, R., & Sembiring, R. S. R. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi Di Era Digital. CV. Eureka Media Aksara.
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Suprayitno, D., Irmadiani, N. D., Munizu, M., Muchayatin, M., Mawarni, I., Saktisyahputra, S., Riyanto, J., Diputra, G. I. S., Musprihadi, R., & Islami, V. (2024). Manajemen Pemasaran: Teori dan Strategi. PT. Green Pustaka Indonesia.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
TSU, M. T. (2023). Analisis Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pt Mitra Indotani Abadi. Universitas Islam Balitar, Blitar.
Yusuf, Y., Taufik, M., Hastuti, H., Usna, W. O., & Ariawan, A. (2022). Pengaruh Harga, Nilai Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan:(Studi pada Usaha Ayam Potong Peternakan La Lati di Desa Bente Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna). Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 3(2), 110–120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sudiyono Sudiyono, Unggul Kustiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




