Pengaruh E-Servis Quality, Price dan Promotion Terhadap Kepuasan Konsumen di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan yang Menggunakan Aplikasi Shopee)

Authors

  • Muhammad Azka Amir Al Amin Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Muhammad Sulton Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i5.32094

Keywords:

E-Servis Quality, Price, Promotion dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Pesatnya pertumbuhan e-commerce menimbulkan tantangan baru dalam menjaga kepuasan konsumen, khususnya bagi platform seperti Shopee yang menyasar generasi digital native. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen di aplikasi Shopee, dengan fokus pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel e-service quality dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu, variabel promosi tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks mahasiswa, kualitas layanan dan penetapan harga menjadi penentu utama kepuasan konsumen, sedangkan promosi tidak serta-merta meningkatkan kepuasan. Implikasi dari penelitian ini memberikan masukan praktis bagi pengelola platform e-commerce untuk lebih memfokuskan strategi pada peningkatan kualitas layanan dan efisiensi harga, serta menjadi referensi akademik untuk penelitian lanjutan terkait perilaku konsumen digital.

References

Abdullah, K. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

APJII, P., Pengawas, D., Pusat, B. P., Harian, B. P., Baru, D. A., PI, P. N., Domain, I. T. L., & Data, G. (2014). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Bahri, S., & Widodo, A. M. (2025). Penerapan algoritma pengklasifikasi untuk mengukur kepuasan pelanggan e-commerce (Studi Kasus: Shopee). Jurnal Adijaya Multidisplin, 5(1). http://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/1752

Detika, Y. P., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, keragaman produk, dan promosi e-commerce terhadap kepuasan konsumen Shopee. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1). https://doi.org/10.35814/jimp.v1i1.2065

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 60–76.

Fandiyanto, R., & Praja, Y. (2024). Pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada e-commerce Shopee. Jurnal Mahasiswa Ekonomi, 8(2). https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/4680

Hamid, S. R., & Suhardi, A. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Baer's Basis Varian. PT Inkubator Penulis Indonesia.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh diskon flash sale, rating dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(13).

Kamila, A. C., & Ilfitriah, A. M. (2024). Peran desain web, kualitas informasi, layanan pengiriman dalam peningkatan kepuasan elektronik dan niat beli kembali produk Sociolla. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 23–36.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education, Inc.

Lonardi, S., Lan, W. P., Hutabarat, F. A. M., Nugroho, N., & Supriyanto, S. (2021). Peranan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna e-commerce Shopee di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(3). https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955

Noviati, N. V. A. (2024). Perlindungan Hukum Terhadap Problematika Yang Dialami Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce Di Shopee. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Oktaviani, A. M., Wijaya, M. S., Nadiya, A., Rohmah, F., Fauzi, A., Lestari, W. A., Nupus, S., Pajriyah, I., Aprilia, L., & Yuliyanti, S. (2025). Pendidikan Dasar di Era Digital: E-Commerce sebagai Alat Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada e-commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 537–553.

Rahman, M. F., Arifin, R., & Suharto, M. K. A. B. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan Shopee Food (Studi kasus mahasiswa Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Roliansyah, A. (2022). Analisis Perbandingan Transaksi Jual Beli Online di Marketplace Shopee pada Masa Pandemi Covid 19. Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Rosyada, Z. F., Puspitasari, N. B., Susanty, A., Andini, A. R., & Rumita, R. (2020). Analisis logistic service quality untuk meningkatkan kualitas layanan jasa pengiriman JNE Express. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 15(2), 73–81.

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh kepercayaan, tampilan dan promosi terhadap keputusan pemilihan aplikasi marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 139–147.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi keputusan pembelian: Harga, promosi dan kualitas produk (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.

Wulandari, Z., Mulyati, A., & Tjahjono, E. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).

Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 20–37.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Amir Al Amin, M. A., & Sulton, M. (2025). Pengaruh E-Servis Quality, Price dan Promotion Terhadap Kepuasan Konsumen di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan yang Menggunakan Aplikasi Shopee). Jurnal Sosial Teknologi, 5(5), 1354–1364. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i5.32094