Tata Panggung Program Acara "Sapa Pemirsa" di TVRI Kalimantan Selatan

Authors

  • Wilhelmus F Sekolah Tinggi Multi Media, Indonesia
  • Sigit Winarso Sekolah Tinggi Multi Media, Indonesia
  • RB. Hendri K Sekolah Tinggi Multi Media, Indonesia
  • RM Joko P Sekolah Tinggi Multi Media, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i5.32134

Keywords:

Desain Set, Generasi Muda, Budaya Lokal, Keterlibatan Audiens, Teknologi Interaktif

Abstract

Desain set televisi memainkan peranan penting dalam menciptakan pengalaman visual yang menarik, khususnya bagi generasi muda yang semakin selektif dalam mengonsumsi konten media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen desain set dalam program “Sapa Pemirsa” di TVRI Kalimantan Selatan yang mampu meningkatkan keterlibatan audiens muda, mencerminkan karakter generasi tersebut, dan mengintegrasikan nilai budaya lokal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis studi literatur dan observasi terhadap elemen visual serta fitur interaktif dalam program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan warna cerah, teknologi interaktif seperti LED dinamis dan kemungkinan integrasi augmented reality (AR), serta representasi budaya lokal melalui ornamen khas Kalimantan Selatan dapat meningkatkan daya tarik visual dan emosional program. Selain itu, keterlibatan penonton dapat ditingkatkan melalui partisipasi aktif seperti polling atau komentar live. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan desain yang estetis, fungsional, dan partisipatif dalam menciptakan keterikatan emosional antara program televisi lokal dan audiens muda. Implikasinya, tim produksi perlu mengembangkan desain set yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tren generasi muda sambil tetap menjaga identitas budaya lokal sebagai ciri khas program.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

F, W., Winarso, S. ., K, R. H. ., & P, R. J. (2025). Tata Panggung Program Acara "Sapa Pemirsa" di TVRI Kalimantan Selatan. Jurnal Sosial Teknologi, 5(5), 1251–1256. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i5.32134