Implementasi Servqual dan Importance Performance Analysis Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopee Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.323Keywords:
E-commerce, Shoppe, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA)Abstract
Shopee merupakan e-commerce jual beli online berbasis aplikasi mobile yang berkembang di Indonesia, sebagai marketplace pertama bagi konsumen ke konsumen (C2C). Tanda masalah yang terjadi masih banyak terdapat beberapa ulasan negatif yang diberikan pengguna, seperti komentar yang memberikan penilaian kurang memuaskan terhadap pelayanan Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari segi kualitas pelayanan yang diberikan oleh Shopee kepada pelanggan, khususnya warga Desa Sotek Rt.10 Kec. Penajam. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan 73 orang responden pengguna aktif Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode servqual dengan lima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, daya Tanggap, jaminan, dan kepedulian yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan sehingga diperoleh nilai Gap (kesenjangan) selisih antara persepsi dan harapan konsumen, dan metode importance performance analysis untuk menjadi dasar perbaikan dan penyempurnaan layanan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar langsung kepada responden. Hasil dari penelitian pada metode servqual didapatkan nilai Gap negatif sebesar -3.07. Ini menunjukkan bahwa layanan dikatakan tidak berkualitas dan tidak memuaskan, masih ada pelayanan yang masih dirasakan tidak puas oleh pelanggan, pada metode importance performance analysis didapatkan tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan masih berada di bawah 100% yaitu (97%<100%) berarti kualitas pelayanan yang diberikan kurang atau tidak memenuhi apa yang dianggap penting oleh pelanggan. Artinya pelayanan belum memuaskan sehingga masih perlu perbaikan, khususnya atribut yang menjadi prioritas utama dilakukan perbaikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indah Sundari, Elvin Leander Hadisaputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.