Rancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Buah-Buahan Tropis Pada SMPN 1 Kibin Menggunakan Unity 3D Dan Blender

Authors

  • Muchamad Khairan Naufallinho Universitas Bina Bangsa
  • Sigit Auliana Universitas Bina Bangsa
  • Basuki Rakhim Setya Permana Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i8.32349

Keywords:

Augmented Reality, aplikasi pendidikan, buah tropis, Unity 3D, interaktif

Abstract

Penelitian ini berjudul “Rancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Buah-Buahan Tropis Pada Siswa SMPN 1 Kibin Menggunakan Unity 3D Dan Blender.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap buah-buahan tropis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan aplikasi menggunakan software Unity 3D dan Blender. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk melihat objek buah-buahan dalam bentuk 3D dan mendapatkan informasi tentang buah tersebut melalui fitur AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 94% siswa merasa aplikasi ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pendidikan yang lebih interaktif dan inovatif.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Naufallinho, M. K., Auliana, S., & Permana, B. R. S. . . (2025). Rancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Buah-Buahan Tropis Pada SMPN 1 Kibin Menggunakan Unity 3D Dan Blender. Jurnal Sosial Teknologi, 5(8), 3040–3059. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i8.32349