Pengaruh Kualitas Website Traveloka Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.324Keywords:
Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0, TravelokaAbstract
Traveloka adalah sebuah perusahaan reservasi tiket pesawat dan hotel di mana pengguna dapat melakukan pemesanan pada situs Traveloka.com. Traveloka menggunakan konsep pemasaran berbasis online melalui website sebagai sarana mengkomunikasikan produk-produk perusahaan kepada publik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap kepuasan pengguna khususnya di Komunitas traveloka di sosial media Telegram menggunakan metode webqual 4.0 yang memiliki 3 dimensi yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 85 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan uji F menunjukkan hasil nilai Fhitung yaitu (43,105) > F Tabel (2,72) maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Sehingga kualitas kegunaan (X1), informasi (X2) dan interaksi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Kemudian untuk nilai t hitung untuk kualitas kegunaan (1,785) > nilai t tabel 1,990 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka. Nilai t hitung untuk informasi (2,050) > nilai t tabel 1,990 yang artinya kualitas informasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka. Kemudian, nilai t hitung untuk interaksi (1,501) > nilai t tabel 1.990 artinya kualitas interaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maulidah Nur Komala Sari, Joy Nashar Utamajaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.