Pengaruh Kualitas Website Traveloka Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna

Authors

  • Maulidah Nur Komala Sari STMIK Borneo Internasional
  • Joy Nashar Utamajaya STMIK Borneo Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.324

Keywords:

Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0, Traveloka

Abstract

Traveloka adalah sebuah perusahaan reservasi tiket pesawat dan hotel di mana  pengguna dapat melakukan pemesanan pada situs Traveloka.com. Traveloka menggunakan konsep pemasaran berbasis online melalui website sebagai sarana mengkomunikasikan produk-produk perusahaan kepada publik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap kepuasan pengguna khususnya di Komunitas traveloka di sosial media Telegram menggunakan metode webqual 4.0 yang memiliki 3 dimensi yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 85 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan uji F menunjukkan hasil nilai Fhitung yaitu (43,105) > F Tabel (2,72) maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Sehingga kualitas kegunaan (X1), informasi (X2) dan interaksi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Kemudian untuk nilai t hitung untuk kualitas kegunaan (1,785) > nilai t tabel 1,990 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka. Nilai t hitung untuk informasi (2,050) > nilai t tabel 1,990 yang artinya kualitas informasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka. Kemudian, nilai t hitung untuk interaksi (1,501) > nilai t tabel 1.990 artinya kualitas interaksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di Traveloka.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Sari, M. N. K., & Utamajaya, J. N. . (2022). Pengaruh Kualitas Website Traveloka Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Sosial Teknologi, 2(4), 342–351. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.324