Perancangan Clima App Mobile dengan Pendekatan Design Thinking Studi Kasus: BMKG Klimatologi Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i10.32461Keywords:
Design Thinking, Usability Testing, Aplikasi Mobile, Desain Berpusat Pengguna, BMKGAbstract
Kendala utama pegawai BMKG Klimatologi Jawa Timur adalah ketergantungan pada server internal untuk pencocokan data prakiraan cuaca yang seringkali lambat dan overload, sehingga menghambat proses pencatatan manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile Clima App guna mempermudah proses pencocokan data tanpa bergantung pada server internal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lima tahapan metode Design Thinking: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahap pengujian melibatkan 5 orang pegawai sebagai responden dengan menggunakan platform Maze untuk mengukur metrik usability dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk persepsi pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe high-fidelity Clima App. Pengujian usability menunjukkan tingkat keberhasilan 100% pada semua tugas yang diberikan dan skor SUS rata-rata sebesar 83.5 yang masuk dalam kategori "Excellent". Meskipun demikian, teridentifikasi adanya misclick rate yang tinggi (hingga 21.4%) yang menandakan adanya masalah usability minor pada level antarmuka. Kesimpulannya, pendekatan Design Thinking berhasil menghasilkan prototipe tervalidasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan secara efektif menyelesaikan masalah inti ketergantungan server.
References
Ansori, S., Hendradi, P., & Nugroho, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4). https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3648
Asmarianti, A., & Nafiah. D, M. I. (2023). Perancangan Standar Operasional Prosedur (Sop) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Kantor Kelurahan Maccini Sombala Kota Makassar. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1). https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1964
Bahram, M. (2023). Transformasi Masyarakat Di Era Digital: Menjaga Kaidah Hukum Sebagai Landasan Utama. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.884
Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Analisis Digital Leadership Dan Transformasi Digital Dalam Peningkatan Pelayanan Publik. Braz Dent J., 33(1).
Dalaiya, A., & Musdalifah, M. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Manggala Melalui Penyusunan Standar Operasional Prosedur. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2). https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2376
Felia Putri, D., & Nurlaila, N. (2022). Analisis Sistem Pencatatan Manual Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Akuntan Di Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6). https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.90
KOMINFO. (2021). Transformasi Digital Pelayanan Publik Harus Utamakan Kepentingan Publik. Kategori Berita Pemerintahan.
Muaziz, I., & Nur Isnaini, K. (2024). Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Aplikasi Marketplace Petshop. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 9(1). https://doi.org/10.32528/justindo.v9i1.782
Muhaling, A. R., Palandeng, I. D., & Sumarauw, J. S. B. (2021). Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Layanan Pada Pt. Taspen (Pesero) Cabang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4).
Muhammad Fajar Ahadi, & Arif Amrulloh. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan Aplikasi Pemesanan Galon. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2). https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v8i2.907
Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022). Transformasi Digital: Sebuah Tinjauan Literatur Pada Sektor Bisnis Dan Pemerintah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41388
Putra, A. A. G. B. S., Sinaga, F., & Amir, F. L. (2024). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur Bar. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(8). https://doi.org/10.22334/paris.v3i8.841
Siam Babako, W., & Sitokdana, M. N. N. (2022). Perancangan Aplikasi Pemesanan Air Galon Isi Ulang Berbasis Mobile. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 2).
Sulistiani, A. (2016). Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Kependudukan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Sambutan. Ilmu Pemerintahan.
Syabana, R. I., Saputra, P. Y., & R, A. N. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku. SIAP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifqi Aflah Naufal Firmansyah, Ilyas Nuryasin, Briansyah Setio Wiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.




